Beranda > Cinta, Syair > Syair seorang Pemabuk

Syair seorang Pemabuk

Sebuah syair indah persembahan sahabatku… saudaraku… saudara sejatiku… “Sang Misterius”… namanya tidak ingin di kenal… ingin tetap Misterius… dan berjalan dalam dekapan Sang Maha Pencintaaa…  sebuah perjalanan spiritual yang ruaaaar biasaaa… semoga bermanfaat bagi kita semua yang disini… terima kasih untukmu saudara sejatiku….

SYAIR seorang Pemabuk

Jangan katakan aku patah hati
Karena wanita cantik dan rupawan
Sungguh engkau salah menilai
Terdinding oleh cadar Indah gemerlapan

Kalau ingin mengetahui
Aku mabuk karena khmer
Yang berisi air kenikmatan
Di ambil dari lautan ma’rifat

Terbang bebas tak ada hambatan
Merdeka tak ada ikatan apapun
Hati senang karena kemabukan
Tak ada pikiran yang menyesatkan

Aku keranjingan karena Cinta
Mabuk kepayang tak tergambarkan
Melihat dia yang menawan
Tak sadar akan ucapan dan kata

Diri hilang entah kemana
Tak ingat siapa-siapa lagi
Berkata sembarang kata
Sudah gila barang kali ya???

haaa… haaa… haaaa….
Tertawaku bebas dan lepas
Jangan katakan aku sedang stress
Aku hanya gila.. ya gila karena cinta

Kemabukan telah merengut KESADARAN
Tubuh hilang di dalam sempoyongan
Miring kekiri dan miring kekanan
Traaa… laalaa…laalaa…la…laa

Jangan katakan aku gila kerena dunia
Gilaku karena “DIA”… yayaya… “DIA”
Yang mencipta ini semua
Termasuk kemabukkan ku jua

Aku mabuk bukan karena wanita
Yang menjadi perhiasan dunia
Penipu dan perampok itu semua
Dapat mengotori iman takwa kita

Sambung menyambung menjadi satu
Pandang  banyak pada yang satu
Bukan buaya bukan biawak
Pandang satu ada pada yang banyak

Mengertikah engkau perkataan ku
Kalau mengerti diamlah
Tak mengerti simpanlah
Dalam rahasia segala rahasia

aku adalah aku
Mabuk adalah hobyku

Tenang tentram tujuanku
Lepas bebas terbang pulang

Kicau burung sangat merdu
Angin sepoy-sepoy membuat terlena
Kalau ingin mengenal Tuhannya
Menyelamlah ke dalam sukma

Mencari mutiara amatlah susah
Harus menyelam kedasar lautan
Jangan engkau membusungkan dada
Mutiara hilang Tuhan pun luput

Ibarat Yudistira dan jimat kalimosodo
Jimat di pakai menjadi Raja
Tak terkalahkan di jagat Raya
Jimat hilang kedudukan sirna

Salam Sayang

Salam Hormat

Salam Taklim

Salam Sejati   *sampai mati*

Tulisan yg berhubungan : Cinta Sejati… , Diam , Mendaki Getar Cinta….. , Syair

About these ads
  1. 20-05-2009 pukul 05:06

    Masih mabuk ya?

    Ya udah aku pulang dulu.

    Nanti balik lagi buat ambil undangan.

  2. 20-05-2009 pukul 06:58

    kapn kamu melepaskan dirimu dari angan-angan yang tak bermakna
    mabuk..
    adalah sesuatu yang merusak hati
    hati setiap orang yang sedang menderita
    sehingga tak perlu mersakan ada yg dialaminya..

    • 23-05-2009 pukul 11:12

      matanya kok melihat ke saya? jadi merasa bersalah nih, padahal yang mabuk bukan saya. Saya hanyalah tamu biasa…

  3. lodaya lugay
    20-05-2009 pukul 08:01

    jangan mabok ilmu kang ,lebih haram dari pada mabuk bir…eh…lebih harum beir

  4. 20-05-2009 pukul 08:07

    titik akhir dari segalanya…….
    menyatunya sumber dan muara…….
    setelah seluruhnya tiada…….
    tinggallah Hyang Mutlak Ada…….
    ………………………………………………………..

  5. wira jaka
    20-05-2009 pukul 08:42

    jiwa jiwa yang sudah mengendap
    keakuan yang sudah menguap
    senantiasa siap menghadap
    tidak peduli apa yang diharap

    karena .. Dialah sang penggenap

    mabuk lagi …. ahh mabuk lagi, jeng jeng jeng ….

  6. 20-05-2009 pukul 08:56

    Saudaraku KangBoed nyang baek
    Salam damai dalam cinta kasih selalu
    Dalam banyak pengalaman & kejadian, mabuk meskipun itu mabuk cinta ataupun mabuk dalam mistik ilahi *istilahnya apaan tuh* tetap saja menghilangkan kesadaran sejati
    Ada sebuah kejadian seorang yang mabuk akan cinta ilahi setiap hari berdzikir hingga mendapat karunia bahwa semua tiada guna selain bersatu denganNya, maka segala yang melekat hingga pakaiannyapun diberikan kepada orang.
    Beliau mencapai kesatuan dengan Ilahi namun dilain pihak lupa bahwa semua yang diberikan adalah juga barang pemberian dari anaknya yang notabene diberikan dengan penuh cinta & penghormatan kepada orang tua. Cintanya membutakannya terhadap cinta lain.
    Ada juga yang mabuk hingga melihat tiada orang lagi didunia ini yang ada hanya petok, kwek-kwek & guk-guk.
    Yah yang namanya mabuk, terhadap apapun itu bagi saya tetap kurang baik karena bisa menghilangkan kesadaran sejati
    Mohon beribu maaf atas kelancangan saya membangunkan sang penyair dari ekstasenya

    Salam sayang pake banget
    Salam hormat pake banget
    Salam taklim pake banget
    Salam sejati tetap abadi

  7. 20-05-2009 pukul 09:20

    Salam….

    Hai manusia anak bangsa, makhluk Tuhan sempurna……….
    Luangkanlah sedikit waktumu dari kesenangan dunia yang sudah dinikmati……
    Renungkanlah makna hidupmu kini…………..
    Apakah usiamu hanya untuk kesenangan dunia saja ?…….
    Dimana dunia ini tidak kekal …………………….….
    Tidak lama lagi akan binasa …………………………
    Kiamat sudah dekat,…………………….. sudahkah kau benahi dirimu ?

    Untuk hidup di keabadian sejati
    Segeralah kembali pada Tuhan Allah mu
    Yang sudah memberi banyak kenikmatan baik lahir maupun bathin
    Sejak usia mu nol bulan sampai kini
    Ingatlah kau bisa seperti ini karena kasih sayang Tuhan
    Bukan karena makhluk ciptaannya
    Tuhan sudah begitu banyak memberi apa saja pada mu
    Tetapi coba lihat kedalam hatimu, cari disana dan tanyakan apa yang sudah kau beri untuk Tuhan sang pencipta
    Apakah dihatimu ada banyak isinya, yaitu selain Tuhan diantaranya Kekasih, Pangkat, Jabatan, Kedudukan, Iri, Dengki, Egois, Amarah, Nafsu, Dendam, Rasa Takut, Cemas, Harta benda.
    Sayang sekali, jika roh manusia diisi oleh hal hal tersebut, maka hidupnya akan sia sia dan merugi dihadapan Tuhan
    Manusia ini hanya akan mendapatkan dunia yang akan membuatnya binasa di akhirat nanti
    Alangkah ruginya ia ketika di akhirat nanti Tuhan mengatakan : AKU TIDAK MENGENAL MU !!!
    Sebelum penyesalanmu terlambat, mari hai manusia kita kembali mengenal Tuhan yang Maha Kasih dan sayang yang telah memberi peringatan padamu untuk segera ber tobat yang sungguh sungguh, mari kenali dirimu maka kau akan mengenal Tuhan , ALLAH mu
    Kenali dirimu yang terdiri dari jiwa raga dan roh didalam ragamu terdapat banyak unsur senyawa senyawa zat Tuhan yang membuat dirimu hidup
    Tuhan memberi naluri kasih yang sama pada setiap manusia ketika ia baru lahir
    Seiring berjalannya waktu jiwa, raga manusia lebih dominan maka roh menjadi tak berarti
    Sesungguhnya roh sebelum dimasukkan dalam janin , ia diminta untuk kembali pada Tuhan karena jiwa, raga menduakan Tuhan
    Itu manusia
    Ketampanan, kecantikan, pangkat, jabatan, kekayaan, kepandaian, janganlah membuatmu angkuh, semua tak berarti jika hatimu tidak mengenal dirimu, apalagi mengenal Tuhanmu.
    Hai sahabat
    Segeralah kenali dirimu sebelum ajal menjemput

    Salam……..

    Mknr

    Salam ………

    UNTUKMU SAHABAT

    Kenikmatan telah tampak dihadapanmu, sahabat…

    Puji syukur telah kita panjatkan…

    Lantunan dzikir telah kita kumandangkan…

    Silaturahmi telah terjalin, persaudaraan semakin erat…

    Perisai diri telah ditanamkan…

    Beragam petualangan telah dialami…

    Firman-firman telah dituangkan…

    Rambu-rambu telah diberikan…

    Kebesaran Allah telah diperlihatkan…

    Ketetapan telah disyahkan…

    Sarana dan prasarana telah diperuntukkan…

    Sahabat…

    Pengorbananmu begitu besar…

    Kau tanggalkan kenikmatan dunia…

    Untuk meraih cinta Allah…

    Ternyata…

    Tak mudah untuk meraihnya… sahabat…

    Kalian dihujat, kalian dihina dan kalian dikucilkan…

    Dahi kalian mengerut, hati kalian berkata ragu…

    Tuhan… benarkah jalan yang kami tempuh…

    Seiring bergulirnya waktu, akhirnya sahabat menyadari…

    Inilah jalan lurus, yaitu jalan untuk menjadi kekasih Allah…

    Hujatan, hinaan, tidak menggoyahkan keyakinan para sahabat…

    Pancaran kebahagiaan telah terlihat dari wajah para sahabat…

    Berbekal keyakinan dan keikhlasan pada Allahurobi…

    Para sahabat siap menjalankan amanah yang Allah titipkan…

    Kata demi kata yang telah sahabat simak, adalah ungkapan…

    Rasa kasih sayang dan ucapan terima kasih kami padamu sahabat…

    SM

  8. kangBoed
    20-05-2009 pukul 10:17

    @ Fitrie
    Ooo.. yayaya… kooo pulang.. weleh weleeeh.. tatuuut sama orang mabuuk yaaa.. hihihi…
    Salam Sayang

    @ anosmile
    Hehehe… terima kasih banyak mas Anosmile.. salam persahabatan dari Bandung.. mari kita berkumpul bersatu dalam rengkuhan Cinta dan Kasih Sayang… semoga pertemuan kita bisa menorehkan persahabatan..
    Salam Sayang

    @ Lodaya Lugay
    Hihihi… yayaya… Salam persahabatan mas Lodaya Lugay… pokoke sampeyan mesti sering sering mampir ke gubuk reyot kawulo.. yaaaaa.. mari kita bersatu dalam cinta dan kasih sayang…
    Salam Sayang

    @ dbo911
    Hmm.. akhirnya mbaaaah Dbo911.. mau berkunjung lagi… mudah mudahan semakin erat kita bertemu dalam persahabatan yang indah menemukan sejatinya hidup.. sambil perlahan kita merangkak.. untuk menorehkan cipta dan karya nyata untuk sesama dan sekitarnya.. berbagi Cinta dan Kasih Sayang..

    @ Wira Jaka
    Hehehe.. Saudaraku sayang mas Wis ra Jaka.. waaah syair yang indah… yayaya… itulah jiwa jiwa yang hidup.. tambah hidup.. semakin hiduup.. melangkah dengan ketulusan berkarya dan mencipta demi kebersamaan.. itulah manusia manusia sejati sebagai pembawa Spirit Islam.. Rahmatan Lil Allamin.. semoga kita bisa bergandengan tangan bersama dan melangkah untuk menata diri dan sesame..
    Salam Sayang
    Salam Kangen
    Salam Taklim

    @ Mas Tommy Arjunanto
    Hmm..
    sungguh bahagia rasanya..
    sungguh tenteramnya dada ini
    jika daku mendengar sapaan lembut darimu
    jika sang diri bertemu dengan saudara sejatiku
    Saudaraku Mas Tommy yang baik dan guanteeeng
    Benar adanya..
    Semua adalah sebuah perjalanan dalam mencari kesejatian
    Satu saat kita di tarik dalam mabuk hilang kesadaran
    Satu saat berikutnya seolah tubuh ini sudah menyesuaikan
    Sehingga dia mabuk dalam kesadaran penuh
    Hidup di dunia intuisi
    Hidup tidak dengan akal fikir
    Hidup tidak dengan rasa perasaan dan rasa
    Itulah jiwa jiwa yang telah dibangkitkan
    Jiwa jiwa yang siap melangkah
    Mencipta dan berkarya demi kemaslahatan bersama
    Sebagai botol kosong yang tidak pernah tahu isinya
    Yayaya.. sebagai alat.. hanya sebagai Darma..
    Dalam mewujudkan Spirit Islam dimuka bumi
    “” RAHMATAN LIL ALLAMIN””
    Hehehe.. salam kangen… jabat erat… peluk cium.. wahai sahabatku yang baik… saudaraku yang guanteeeng… saudara sejatiku… abadi selamanya… mari kita pererat dan persatukan terus RASA yang telah terukir indah… walau sang diri jasad belumlah mendapat ijin untuk bertemu… mari sahabatku..
    Salam Sayang
    Salam Taklim
    Salam Hormat
    Salam Sejati… *sampai selamanya*..

    @ Mknr
    Hahahaha… terima kasih wahai dikau saudara sejatiku.. walau baru sekali ini kita bertutur sapa.. tetapi tergetar sang diri ini.. membaca tulisanmu.. mendengar sapaan mesra.. seperti membuka dan mengulang sebuah perjalanan yang masih ku simpan rapat dan erat.. ada satu kata.. yayaya.. satu kata itu pernah terdengar begitu kerasnya dan terngiang sampai detik ini.. “AKU TIDAK MENGENALMU”.. dalam satu lamunanku aku pernah mendengar dengan jelas suara itu.. suara di HARI PENGHADAPAN.. hari yang demikian mencekaaaaam.. mungkin kalau ada ijinNYA.. saya akan coba tuliskan dan bagikan nanti ke depan lamunan lamunan yang aneeeeeh.. tetapi bermakna ruar biasa.. wallahualam..
    Mari seluruh saudaraku yang berkumpul di sini mari kita bangkit… Mari kita cermati dan renungkan baik baik ajakan dari saudara Mknr untuk melangkah ke dalam diri.. temukan Ketenangan Jiwa.. sebagai pembuka pintu ketuhanan.. sebagai modal segala modal untuk malangkah dalam Cinta Damai penuh Kasih Sayang… mari sudah saatnya kita bangkit dan bangun kebersamaan dalam SPIRIT ISLAM… sebagai “ RAHMATAN LIL ALLAMIN”…
    Salam Sayang
    Salam Taklim
    Salam Hormat
    Salam Sejati… *sampai selamanya*..

  9. 20-05-2009 pukul 10:22

    Salam…

    Inikah Fana’?

    Kududuk bersimpuh
    mengamati leburnya jasad
    ambyar menjadi debu

    yang tinggal hanya seonggok kesadaran
    yang kehilangan arah
    pada suatu tempat tanpa nama
    ditemani kesunyian

    semua realitas yang aku banggakan
    ternyata semu
    akan hancur karena fana’

    jiwa ini membumbung ke ufuk tinggi
    kembali kepada Sang Pemilik
    Sang Maha Mutlak
    Yang Lahir dan Yang Bathin

    Salam sejati…
    Terima kasih sudah diijinkan mampir kangboed..

    • kangBoed
      20-05-2009 pukul 14:03

      Andai ku mau mengerti
      Amdai ku mau memahami
      Andai ku mau menata diri
      tak tertipu kepalsuan

      berjalan mencari jati diri
      membuka jalan pulang
      takkan menyesal begini
      jasad hancur.. ruh merana

      Sering mampir ya maaas.. hehehe.. puisi sampeyan indah dan mempesona..

      Salam Sayang
      Salam Taklim

  10. 20-05-2009 pukul 13:59

    pamuji rahayu..,

    kangboed… bandung hujan setiap hari dengan diiringi petir da geledeg bersahutan yaa.., karena apa..? telah mendengar sayai syair sang pemabuk terhadap sang kekasih.., hehehehe… Bandung teaaaa…, pikiraneun.., jadi hujan yang akan membersihkan bandung dari sampah dan kekotoran serta bau yaaa…, tapi awewena.. gareulis puisan, barodas jeung imuuuuuutttt …, huehehehe… punten.., jangan disalahkan kaum hawa kangboed.. kita ada karena dia…, lanjut kangboed.., mohon maaf baru sempat koment.

    salam sihkatresnan

    rahayu,

    • kangBoed
      20-05-2009 pukul 14:20

      hehehe… yayaayaaa.. kemana sajakah dikau.. sampai kangen begini.. hehehe.. salam ti nu garelis di bandung kahatur mas Hadi nu kaseuup..
      Salam Sayang
      Salam Kangen
      Salam Hormat

  11. 20-05-2009 pukul 15:22

    @Hadi Wirojati

    Ya..ya..ya..
    Sesuai janjiku semalam hari ini aku tambah artikel blogku..

    @kangboed

    Siapa juga yang ga takut sama orang mabuk.

  12. 20-05-2009 pukul 16:10

    pararunten kangboed..,

    abdi nuju repot jadi radi telat ameung ka bumi kangboed..,
    punten kangboed numpang nulis..,

    @.Mbak Fitri
    mas eh.. mbak eh.. mbah eh..kang .eh mbak Fitri.., lah sampeyan malah beriklan GPRS Nukieu…, malah justru cerita tentang spiritualnya ndak ada…, blognya yg baru masih kosong melompong…, lha mana ..? mau koment juga ndak masuk masuk malah mbulet .., hehehe..,

    terima kasih..,

    salam.. rahayu.

  13. guskar
    20-05-2009 pukul 16:43

    jimat kalimosodo dicuri petruk yg lagi mabuk. petruk dadi ratu…. tiap hari kerjanya mabuk2n, para punggawa ikut2n… negara kacau balau : korupsi, manipulasi, perselingkuhan jd santapan sehari2… gojleng…gojleng… kapan bethara kresna menebarkan kembang wijaya kusuma.. agar negara kembali teratur, puntadewa duduk kembali di singgasananya yang agung. saya akan memberikan baktiku :

    Salam Sayang

    Salam Hormat

    Salam Taklim

    Salam Sejati *sampai mati*

  14. kangBoed
    20-05-2009 pukul 16:43

    @ Mas Hadi dan Fitrie
    Silahkan dipakai ruangannya.. bebas kooo.. sekalian desak tuh mBaaaak Fitrienya biar isi dengan tulisan yang bermanfaat.. hehehe.. oke !!.. mas Hadi.. hihihhi..
    Salam Sayang
    Salam Taklim

    @ Gus Kar
    weleh weleeeeeh… pas bener.. bagus tuh… hihihi.. keadaannya tepaaaat.. sesuai.. dengan situasi dan kondisi sekarang ini… hehehe… semoga sahabatku bisa sering mampir kesini… berbagi terus… *muka ngarep ON*.. saling mengeratkan tali silaturahmi…
    Salam Sayang
    Salam Taklim

  15. 20-05-2009 pukul 17:20

    @Hadi Wirojati

    Coba sekarang diklik Nama aku di atas.

    Tadi lagi asyik nulis mungkin karena itu, blognya kosong.

  16. 20-05-2009 pukul 17:28

    Ngutip potongan ayat syair di atas:

    Sambung menyambung menjadi satu

    Jadi inget lagu Garuda Pancasila ;)

    *kabur…. sebelum disuruh ngerek bendera*

  17. 20-05-2009 pukul 19:41

    — > Aku mabuk bukan karena wanita
    Yang menjadi perhiasan dunia
    Penipu dan perampok itu semua
    Dapat mengotori iman takwa kita

    waaks… dimaat pemabuk saya ini cuma begini… :D ahhahaha

  18. 20-05-2009 pukul 20:04

    Mabuk karena cinta-Nya adalah sebenar-benarnya mabuk…
    Hanya orang yang mabuk yang mengenal hakikat Cinta…

    mmm… gak nangka Kangboed suka mabuk juga ya ha ha ha

  19. kangBoed
    20-05-2009 pukul 23:53

    @ Mas Lambang
    Hahahaha… yayaya.. beneeer mas beneeeeer.. maklum saudara saya itu mantan paskibra.. mungkin pas ingat lagi kerek bendera sambil upacara… setelah bacain sumpah pemuda… yayaya.. putra putri Indonesia… hehehe..
    Salam Sayang
    Salam Kangen

    @ Eka Situmorang
    Hehehehe… salam kenal.. salam persahabatan… mudah mudahan Mas Eka berkenan sering mampir dan berkumpul di sini.. tempat sederhana.. gubuk reyot.. dan saling berbagi.. saling menebarkan cinta dan kasih sayang
    Salam Sayang

    @ Sufi Muda
    Waaaaaaaaaaah.. bukan syair saya bang Sufi Muda… saya sih mabuknya masih mabuk yang gak bener… masih bodoh dan tolol… masih berharap banyak bang Sufi Muda mau berbagi… yayaya… menebarkan cinta dan kasih sayang di tempat ini… sungguh kehormatan besar buat saya…
    Salam Sayang
    Salam Kangen

    • 23-05-2009 pukul 10:08

      —> @ Eka Situmorang
      Hehehehe… salam kenal.. salam persahabatan… mudah mudahan Mas Eka berkenan sering mampir dan berkumpul di sini..

      *** Ya ampuuuun Kang… cakep2 kayak saya koq dipanggil maaass…???
      Boleh di cek disini kalo saya ini beneran perempuan :)

      • 23-05-2009 pukul 11:05

        sama dong dengan saya…hihihi…panggillah saya dengan sebutan mas fitri, kang fitri, tuan fitri, bapak fitri, om fitri, dst…

      • kangBoed
        23-05-2009 pukul 13:40

        hehehe… waduuuuuuuuh.. hihihi.. ma..*ng*..aaaap mBaaaak waktu itu saya jawab sebelum mampir.. *manggut manggut*.. setelah mampir.. *muka merah*.. eee.. jadi malu aaaah.. hihihi…
        Salam Sayang

  20. 21-05-2009 pukul 01:48

    Salam ………

    Hai manusia, makhluk ciptaan Tuhan yang sempurna……
    Sudahkah melakukan pembenahan dimulai dari diri sendiri dan keluargamu ?
    Janganlah banyak cakap, menghina, menghujat sesama manusia.
    Karena di hadapan Tuhan , bisa saja manusia yang kau hujat adalah mempunyai hati yang mulia atau yang kau hujat adalah Kekasih Tuhan……

    Janganlah memandang rendah manusia dari sudut pandangmu saja,
    Karena merasa dirimu pandai, banyak ilmu, ingatlah…..
    Ilmu manusia sepandai apapun, baik ilmu agama ataupun ilmu dunianya tetapi Ilmu Tuhan tak ada yang menandinginya…….

    Jika demikian kita tahu ilmu tertinggi adalah kepunyaan Tuhan……
    Kedalaman hati manusia, Tuhan pula yang paling tahu.
    Apakah pantas manusia menghujat manusia lain dari tampak luar saja ?
    Inilah yang terjadi pada abad akhir zaman, manusia tak mengenal Tuhannya. Mereka memakai akal fikiran dan ototnya……

    Manusia hanya pandai berkata – kata banyak cakap dalam menilai orang.
    Saling menjilat, melakukan kekerasan, kelicikan, modal utama untuk mencapai tujuan di dunia ini.
    Agama hanya dijadikan ritual manusia kini…..
    Tuhan digadaikan dikala tertimpa musibah dan bencana barulah Tuhan diseru,
    Manusia merengek – rengek minta pertolongan Tuhan,tetapi dikala senang Tuhan diabaikan…
    Manusia melaksanakan perintah Tuhan sebagai kegiatan rutin yang seperti tak ada makna.
    Setelah melakukan ibadah, kembali ia ke dunianya,
    Mulai lagi bergunjing, menghujat, berbuat maksiat, berbohong dll

    Ini karena manusia melaksanakan ibadah tidak dengan hatinya.
    Manusia menyeru nama Tuhan hanya lisannya,…
    tetapi hatinya jauh dan tidak mengenal penciptanya.

    Manusia mudah bersumpah membawa nama Tuhan,
    Sesungguhnya mereka tidak mengenal Tuhannya.
    Tuhan Maha Pengasih dan Penyayang, tetapi mengapa manusia menyeru, berteriak – teriak dengan lantang mengatasnamakan Tuhan untuk berbuat onar, menyakiti makhluk ciptaan Tuhan tanpa belas kasih dan sayang.

    Kerabat-kerabat ku…..
    Andai kalian tahu ,Tuhan murka namanya diseru tetapi untuk menyakiti makhluk ciptaannya.
    Banyak cara untuk mengingatkan manusia yang lalai,
    Ajaklah dengan kelembutan, kebaikan.

    Naungi dengan kasih, ajak berdialog dengan damai, hati tenang dan tulus ikhlas karena ALLAH.
    Carilah RIDHO ALLAH, maka dunia yang tak muda lagi ini akan diisi oleh manusia – manusia yang penuh dengan KASIH dan manusia bisa hidup tenang, damai dan makmur.
    Pemuka – pemuka bisa adil dan bijaksana dalam memutuskan perkara.
    Ajaklah berdamai hatimu…

    Hai kerabat……
    Datanglah kepada Tuhanmu segera…
    Inilah gambaran manusia kini…..

    Manusia

    Tuhan menciptakan manusia karena ingin disembah…..
    Diberilah manusia akal pikiran untuk menuntut ilmu…..
    Diberilah manusia hati untuk mengenalnya…….
    Diberilah karunia kenikmatan agar manusia bersyukur….
    Di datangkan kekasih kekasih NYA, untuk mengingatkan….
    Di beri ujian dan cobaan agar manusia tersadar…..
    Para Ahli kitab cendik cendikiawan datang untuk meluruskan….
    Manusia pandai menghujat , berburuk sangka…..
    Mengaku ia yang paling pandai dan paling ahli perihal Ketuhanan….
    Sesungguhnya hanyalah hawa nafsu yang tidak ingin tersaingi….
    Perseturuan selalu terjadi membuat manusia semakin jauh dari Tuhan….
    Nyawa sudah tidak lagi bernilai , kerabat sudah menjadi musuh….
    Saling fitnah, saling usik, saling hina , saling caci maki….
    Maka sudah tidak ada lagi saling kepercayaan di antara manusia ….
    Norma – norma Ketuhanan telah berganti makna menjadi Kebudayaan….
    Kesesatan akibat ulah perbuatan hawa nafsu manusia……
    Ritual-ritual kebudayaan telah menghinakan Tuhan sang pencipta…..
    Keyakinan manusia sudah tidak kepada Tuhan yang maha pengasih..
    Sesembahan mereka di peruntukan kepada makhluk ciptaannya…..
    Ritual – ritual manusia mengatasanamakan Tuhan….
    Buanglah hawa nafsu duniamu…..
    Segeralah buka dan cuci hatimu, hai manusia…..
    Perbaiki adabmu kepada Tuhan,cintai Tuhanmu….
    Tuhan Yang Maha Kuasa yang memberi berkat kepadamu….
    Segeralah kembali kepada Tuhan…..
    Isi hatimu dengan selalu menyeru nama Tuhan…..
    Tahukah hai manusia kapan maut menjemput……
    Tuhan maha menghidupkan dan mematikan…..
    Sudahkah kau siap untuk menghadap Tuhan…..

    Salam mknr

    Blog : http://mknr.multiply.com
    Email : mknr@ymail.com

  21. 21-05-2009 pukul 02:16

    Kang,
    Apa yang tercerna terkadang dianggap sebagai kebenaran.
    Maklum lagi mabuk, ngelihat kulkas disangka kamar kecil. Langsung aja kasih setoran. ;)

  22. kangBoed
    21-05-2009 pukul 03:16

    @ mknr
    terima kasih banyak sudah berbagi.. tadi siang saya masuk tempat sampeyan kok mau komentar susah banget maaas.. hehehe.. maklum oon..
    Salam Sayang

    @ Mas Lambang
    waaaaaaaaaaah.. pantesan kulkas sampeyan baunya kurang enaaaaaak.. tak pikir ada makanan busuk.. gak tahunya simBaaaah buang kotoran di mana aja.. *geleng geleng*.. maklum dah tuwir..
    Salam Sayang
    Salam Kangen

    • 21-05-2009 pukul 09:50

      Salam….
      Mohon maaf atas ketidaksempurnaan kami, insyaAllah kejadian kemarin siang tidak terjadi lagi, kami sudah membuat yang baru. Terima Kasih.
      Salam….

  23. 21-05-2009 pukul 07:26

    @kangboed
    kapan nih, mau mampir ke blog aku yang baru?

    Klik nama aku di atas.

  24. 21-05-2009 pukul 09:07

    Nuwun sewu sanget gus… Ojo ngawur, Opo tenan sampeyan wis tekan maqom iku, iku panggonan duwur. Pesenku cekelane sing kuat gus! Opo sampeyan lagi jadab? Gus! Aku yo pengen tekan kono, tapi abot. Ilmuku ra karekso, syariat ijih kangelan. Salam muslihun, aku pengen kekancan, monggo surati aku karo surat cintamu.

    • 23-05-2009 pukul 11:06

      gak bisa bahasa jawa…

  25. kangBoed
    21-05-2009 pukul 10:20

    @ mnkr
    hehehe.. oke mas.. nanti saya berkunjung.. *manggut manggut*.. panggil becaaaak.. berangkat ke TKP.. mudah mudahan cepat sampai mas..
    Salam Sayang
    Salam Hormat

    @ Fitrie
    waaaaaaah.. sudah kesana.. tapi error mlulu.. gimana tuh.. kayanya dipasang anti komentar..
    Salam Sayang

    @ Indonesia Menulis
    hahaha.. tiada yang harus diungkapkan dan dikatakan semua hanyalah sarana berbagi.. mas.. saya berkali kali main tempat sampeyaaaan.. kok susah banget yaaa.. operation aborted.. Internet eksplorer.. waaaaaah.. kenapa ya.. mohon petunjuk.. hehehe.. maklum OON sur OON gaptek habis..
    Salam Sayang
    Salam Hormat

  26. 21-05-2009 pukul 11:12

    Botolnya mana lagi kang…

    Mau ikutan mabuk nih, biar bisa jadi penyair dadakan. Rambut udah dipanjangin, baju udah disobek-sobek.
    Mata selalu menerawang ke atas, kadang nabrak tiang listrik kadang nyangkut di jemuran.

    *Huss huss.. emangnya tampilan penyair kayak gitu?*

  27. kangBoed
    21-05-2009 pukul 11:35

    hiiiks.. hiiiiks.. hiiiiiiks..

    *pura2 mabuk biar nyeremin*.. waaaaaaah.. khan botolnya dipinjamin sama sampeyan.. sampeyan nyang cariin khusus buat saya.. *terharu*.. dulu belinya *ambil tanpa ijin*.. dari mana maaaas..
    bersyair penuh ekspresi.. tangan kiri keatas.. tangan kanan megang rokok.. tangan atunya megang pensil.. tangan atunya agi pegangan tiang listrik.. sambil dua tangan ngambilin jemuran.. hmm.. benar benar penuh ekspresi… *manggut manggut*.. bingung..
    Salam Sayang
    Salam Kangen

  28. 21-05-2009 pukul 12:53

    Hehe… emangnya tangannya ada berapa kang?
    Kayanya ada enam. Yayaya enam… rukun Iman.

    Semuanya harus dipegang. Pegang yang kuat, jangan dilepaskan. Walapun ditarik-tarik satpol PP karena dianggep nyolong jemuran. Teriak sekuatnya dan lepaskan semua emosi yang ada dalam dada. Jangan malu dan jangan takut. *paling ditabokin sama satpol PP*… Eksistensi diri baru bisa ditemukan kalau dilakukan dengan sepenuh hati dan semua emosi dilepaskan.

    Kalau mau jadi kyai jadi kyai yang hebat, kalau mau jadi maling, jadi maling yang hebat. Jangan setengah-setengah.

    *Ilmu “Kyai Dimalingin” dari sahabat saya*

    Kalau serba nanggung, atau setengah-setengah itu emang ngga enak. Setengah melek setengah merem. Setengah waras, setengah gila. Wuih… ga enaaak.

    • kangBoed
      21-05-2009 pukul 13:39

      hihihihi… tangannya jadi banyak yaaaa… rukun iman… hehehe.. bisa aja maaas.. katanya mabuuuk.. kok masih bisa berhitung.. hahaha.. mabuuuk laut.. mabuk udara.. mabuk bandrek yaaa… hehehe…
      mengenai ilmu yang di atas perasaan saya pernah dengar tuuuuh… hehehe… yaaaa iyaaalaah.. kyai besar.. penjahat besar.. kebagian enaknya.. kalau ecek ecek.. nanggung nanggung cuma kebagian sengsaranya saja.. cuma objek pelengkap penderita… hihihi…
      huuuuwaaaakaakakak.. makanya kalau mau mabuuk.. mau gilaa jangan nanggung mbaaah…
      Salam Sayang
      Salam Taklim

      • 23-05-2009 pukul 11:08

        pantas aja hantu takut melihat kangboed yang keluyuran jam 3 malam….

        tangan hantu ada dua, ini kok ada enam ya?

  29. Nalar Cerdas
    21-05-2009 pukul 16:02

    aku kesini lagi kalau uda siuman hihihihih

  30. 22-05-2009 pukul 20:01

    Sedulurku…kangBoed…lan para sedulur sakabehe tunggal-sikep…

    Samin adalah SIKAP mensyukuri TITAH/FITRAH…
    Samin adalah SIKAP kesadaran JATI-DIRI SEJATI…
    Samin adalah SIKAP kejujuran…
    Samin adalah SIKAP persaudaraan berbangsa…
    Samin adalah SIKAP kemerdekaan hakiki NKRI…

    Samin adalah Soerosentiko…

    Salam seduluran…..

  31. kangBoed
    22-05-2009 pukul 21:52

    @ Nalar Cerdas
    hehehe.. kooook pulaaaaang.. minuuum duluuu maaas.. jangan takuuut kami endaaaak mabuuuuuuuk.. jangan pergi maaaas.. hiiiks.. hiiiiks.. hiiiiiiks..
    Salam Sayang

    @ Sikap Samin
    SETUJU.. sudah saatnya kita bersatu berjalan bersama bergandengan tangan eraaaat.. dalam perbedaan.. silih asah.. silih asih.. silih asuh..
    Salam Sayang
    Salam Hormat

  32. 23-05-2009 pukul 07:59

    dari mabuk…terciptalah sebuah karya..

    dari band blogger…terciptalah sebuah karya..

    dari melamun…terciptalah sebuah karya..

    dari pertemuan dengan aki-aki…terciptalah sebuah karya..

    dari..apa lagi ya?

    • kangBoed
      23-05-2009 pukul 08:46

      hehehe.. yang mabuk khan teman saya mbaaak.. saya khan dikirimi oleh saudara sejatiku Sang Misterius.. padahal orangnya terkenal banget lhooooo.. saya sih bisanya cuma copy paste dan melamun saja..
      Salam Sayang

      • 23-05-2009 pukul 11:10

        sang misterius? siapakah dia?

  33. 23-05-2009 pukul 11:38

    Syair yg indah
    Pemabuk yang bijak

  34. kangBoed
    23-05-2009 pukul 13:43

    @ Fitrie
    hehehe.. tentunya sampeyan juga kenal kok mbaaaak.. *mudah mudahan sich*.. hehehe.. pokoknya orangnya terkenal.. tapi kadang pemalu.. hehehe..
    Salam Sayang

    @ Achoey
    hehehe.. pemabuk yang benar benar mabuk.. hihihi.. *bingung dah*..
    Salam Sayang
    Salam Kangen

  35. 23-05-2009 pukul 14:32

    Siapa tuh? Mas lambang ya?

    Santri gundul pada kemana ya? Kok lama ga keliatan, apa lagi syuting film avatar terbaru?

  36. 23-05-2009 pukul 15:34

    @fitri:

    Weleh, malah komen di sini.

    Masuk ke posting “CAHAYA SYUKUR Seorang Kakek Tua” sono deh.. ada berita bagus..

    Salam.

    • kangBoed
      23-05-2009 pukul 17:12

      @ Fitrie & mas Lambaaaang..
      Salute.. two thumbs upp.. pengorbanan mas Lambaaang harus diberikan award.. penghargaan besar oleh mbak Fitrie.. yayaya.. silahkan berembug berdua.. hasilnya boleh diumumkan.. setelah pertemuan empat mata.. gak tega ah mo nulis nyang lain
      Salam Sayang
      Salam Hormat

  37. zal
    23-05-2009 pukul 16:06

    ::mabuk dan gila, dua keadaan yang tak dapat difahami yang tidak mengalaminya…, yang mabuk…mengatakan enjoy..choy…, yang gak tau mabuk mengatakan…heeiii jangan dekati..dia lagi mabuk nanti kamu dipukulnya.., la asik bercakap dan bersenda gurau dengan dirinya sendiri, yang gak tau mengatakan..dasar sinting tertawa-tertawa sendiri… he..he…, jangan dilarang mengatakannya, “itu hanya karena mereka tidak tahu..”

  38. 23-05-2009 pukul 16:44

    Kang Zal,

    Katanya di jaman kerajaan dulu, sebelum orang melakukan meditasi, jumeneng, kaji diri, komtemplasi atau apapun namanya, mereka minum teh seduhan daun yang dapat mengakibatkan sedikit melayang. Setelah minum teh itu, mereka merasa lebih mudah mencapai kondisi suwung dan kenikmatan yang tiada tara.

    Jaman sekarang sudah dilakukan penetian terhadap daun ayahuasca yang digunakan untuk ritual di Brazil. Setelah minum seduhan daun itu, pencapaian menjadi lebih mudah.

    Artikel ada di sini: http://www.maps.org/news-letters/v11n1/11125hof.html

    Salam.

  39. zal
    23-05-2009 pukul 17:19

    ::iya…mungkin karena ada yang bersembunyi pada nama daun tersebut…ini dia yang sembunyi “yahu”… :)

  40. kangBoed
    23-05-2009 pukul 17:23

    @ Mbah Zal
    hehehe.. benar adanya bolo bolo kembarku yang kusayang.. semua sudah aturannya.. sebuah teori tetap menjadi teori dan sebuah ilmu tetap hanya menjadi sebuah ilmu bagi yang tidak merasakan.. tetapi bagi jiwa jiwa yang merasakan dan mengalaminya.. dia akan berkata itu nyata.. bukan sekedar teori.. tetapi yang belum berjalan tetap bahwa itu hanya teori..
    Salam Sayang
    Salam Hormat
    Salam Taklim

    @ Mas Lambaaang
    hehehe… yayaya.. ekstasinya manaaa.. mari kita mabuk.. hehehe.. biasanya itu cuma ada di pelajaran meditasi kura kura ninja saja.. hehehe… tapi asli lho nikmat.. hahaha.. *muka merah*.. jalan sempoyongan.. kepala.. *geleng geleng*.. badan.. *geol geol*.. akhirnya.. *kliyengan*.. berputar putar.. gedubraaaak jatuuuh.. pingsaaaan.. hehehe.. awaaaas gaaak boleh begitu yaaa mbaah.. nanti disiram bajigur panas… hihihi
    Salam Sayang
    Salam Kangen
    Salam Taklim

  41. okeu
    25-05-2009 pukul 22:20

    ikut gabung komen yah…….setelah sy simak dan sy baca dgn seksama memang kangboed ini orgnya pandai dalam membuat syair, patut sy acungi jempol, tp kangboed jgn berbangga hati dulu karena kepandaian kangboed sesungguhnya dari Tuhan kan ? dan juga sy mau komen wat MKNR sungguh setelah sy membaca puisinya tergerak hati sy untuk lebih mengenal MKNR, karena kataa” yg terdapat di syairnya sangat dalam dan tegas , yah kayak bukan buatan manusia gitu loh…hehehehe maav kalo agak nyeleneh ^.^

    • kangBoed
      26-05-2009 pukul 00:12

      hehehe.. salam kenal mas OKEU yang baik.. terima kasih mas.. tetapi syair di atas bukan syair saya.. melainkan syair yang ruaaaar biasaaaa persembahan saudara sejati saya “SANG MISTERIUS”.. yang saya kasihi.. semoga bisa berbagi bagi kita di sini dan terutama buat saya yang baru belajar…
      Salam Sayang
      Salam Hormat

  42. 26-05-2009 pukul 12:20

    kangboed… kau mabuk tiada bosan…

    tapi kalau mabukmu ini mabuk cinta Allah,
    maka jangan pernah berhenti kang…

    tularkanlah ke sebanyak mungkin orang yang kau temui…

    *akujugamaukautulari*

    • kangBoed
      26-05-2009 pukul 15:19

      hihihihi… mabuuuuuuuuuuuk lagiii… aaaaaaaaaah.. mabuk agieeee… hiiiks.. hiiiks.. hiiiks.. waaaah.. pada kabuuur yaaa.. beda yaa mabuknya.. :mrgreen:
      oooo.. yang mabuuuuk di ataaaas.. entu temaaaaaan sayaaa maaas.. “Sang Misterius”.. die mah mabuuuk cinte karo gustinya… nanti kalau mauuuuu saya kenalin yaaa mbaaaaak… hihihi..
      Salam Sayang
      Salam Hormat

  43. 30-05-2009 pukul 20:28

    Apa gara-gara mabuk, nulis KHAMR jadi KHMER. Khmer itu kalau nggak salah, bangsa yang tinggal di sekitaran Kamboja (baca : en.wikipedia.org/wiki/Khmer_Empire)? Kalau khamr, baca di http://www.islam4all.com/al_khamr.htm

    Yang kedua Kalimosodo, dalam khazanah pewayangan yang dikenal adalah jimat (jamus) Kalimusodo.

    Sorry, bos. Celetukan yang kurang kerjaan ini! Wong saya sendiri juga, sering salah tulis. Tapi, saya rasa KangBoed, nggak mungkin salah tulis, tho?

  44. KangBoed
    30-05-2009 pukul 20:37

    hihihi.. ma kasih saudaraku mas segar.. itu syair hadiah dari teman saya “Sang Misterius”.. yayaya.. mungkin dia menulisnya selagi mabuk.. hehehe.. terima kasih mas atas celetukan segarnya.. nanti saya minta tolong bapak korlap untuk meralatnya.. hehehe.. maklum mas… gaptek.. kelamaan jadi preman jalanan.. makanya ngetiknya kadang banyak salah salah.. hehehe.. sebelas jari.. hihihi.. dah gitu mata mesti melotot lihat tuts.. *malu*..
    Salam Sayang..
    Salam Rindu untukmu.. :lol: :mrgreen: :lol:

  45. 31-05-2009 pukul 19:25

    ɐɔɐq ɹıɐʎs ıɹɐq ƃuɐdɐpɐƃu ɯnן,ɐɯ ʞnıp ǝɐq ıɹǝʎu ƃuǝʞƃuɐɔ

    ɯɐןɐs npuıɹ ƃuɐʎɐs :lol:

  46. 31-05-2009 pukul 21:59

    ˙˙˙ƃuǝʎnd uıʞɐɯ ƃuǝʎnd ƃuɐʎ ɹɐıq
    sɐןǝɾ ɐʎuɐɔɐq ɹɐıq nןnp ɹǝʇndıp snɹɐɥ ɐןɐd ˙˙˙ıuıƃ ʞıןɐq-ʞıןɐqǝʞ sıןnu ɐƃnɾ ʞısɐ ˙˙˙ǝɥǝɥǝɥ

    Salam. :lol:

  47. KangBoed
    01-06-2009 pukul 00:06

    @ Kopral Cepot & mas Lambang
    Hehehe… saudaraku akang Cepot dan mas Lambang yang baik silahkan masuk istirahat dulu… saya bawain tikar dulu yaaa.. maklum rumahnya masih kotor.. belum ada isinya.. sekalian tak bawain air cuci muka yaaaaa… biar mabuknya berkuraaaang… kita melamun disini saja bersama sama… jangan kemana mana yaaaa… nanti pingsan di jalan berabe… *geleng geleng*… mabuk kecubung yaaa… :mrgreen:
    Salam Sayang..
    Salam Rindu untukmu.. :lol:

  48. Ahmad Sanusi
    19-06-2009 pukul 20:49

    Muhun Kang, “Mabok” na ulah dinu loba jalma. mun ku anu teu ngarti mah “Dibaledog”.
    Biasa we, make jurus nyumput buni dinu caang.

    • KangBoed
      19-06-2009 pukul 21:11

      hehehe.. sami sami urang sundanya.. euleeuh euleuh meuni kasep pisannya kang Ahmad teeeeeh.. hayu atuh urang sasarengan..
      Salam Sayang

  49. tigaw
    23-07-2009 pukul 11:56

    EHEM DALEM LAI NIEH….
    WIRO SABLEN LAGI NGERASUKIN JIWA KANG BOED…
    PAGI KANG MENJELANG SIANG…
    UDAH SAMPAI KIRIMANNYA?
    MOHON INFONYA YA KANG…..

    • KangBoed
      23-07-2009 pukul 14:37

      Waaaah.. itu tulisan persembahan seorang sahabat yang tidak mau di kenal.. hehehe.. kayanya sih udah mas ma kasih banyak.. tapi saya masih di kantor neeeeh.. ma kasih yaaaaaaa.. waduuuh.. beneeerrr beneeerrrr banyak sekali maaasssss.. malu jadinya.. subhanallaaaaah.. mudah mudahan ALLAH menggantinya beribu ribu kali..
      Salam Sayang dan Rindu Selalu

      *YMnya belum aktif yaa*

      • tigaw
        23-07-2009 pukul 19:00

        saya jarang YM mas tapi pernah kok saya YM disaat libur ttapi kang boednya lagi OFF atau lagi ngerenungin yang dikatakan ama mas zul siapa tuh VIRUS R3NI?
        heheheheheheeee…
        bila kebalikpapan jangan lupa email saya atau telepon saya ya mas di rumah nih no telepon saya 0542 441197…
        saya tidak berharap hadiah apapun mas dari dulu saya berusaha menjadi manusia yang mandiri sejak Bapak pergi disaat saya dikelas 5 sehingga jiwa dan keberanian saya muncul. dan saya tidak pernah ingin meminta2 tapi sebisanya memberi dan Alhamdullilah walaupun saya perah gagal tapi Tuhan masih sayang banget ma hati saya kang…. kadang saya menagis ditengah malam saat orang2 rumah pad tidur, merenung dan mengasihi diri sendiri dan setelah menekukan blog kang boed saya semakin merintih pingin sekali bertemu denganNYa yang menjadikan diri ini begitu rindu dan rindu…
        Ya Allah Ya Rabi bila manusia ini (saya) begitu banyak cacatnya ambilalah saya sekarang tapi Engakau begitu mencintaku sehingga terus2 an diberi banyak sekali kehidupan duniawi yang tidak pernah ada habisnya membiusku dalam kecongkakan dan kemunafikan….
        wahai Engaku yang menguasai langit dan Bumi segala sesuatu yang ada adalah Engakau dan segala sesuatu yang tiada pun adalah Engakau ….
        uwachhhh………..pecah rasanya dada ini mengingat keburukan rupa dan sikap yang pernah kuperbuat dan kuperlakukan…
        bila karena sayangmu ku dijerembabakan di api nerakamu yang paling panas sekalipun aku terima karena apalah dayaku semua ini milikMU….
        wah maaf kangboed malem ini hati saya ada yang menusuk2 walaupun aku lalai tapi dia begitu damai dihati…
        apalagi membaca berkali2 tulisan2 kang boed… dan terus terang kang boed bercerita sepertinya bukan artikel tapi sesuatu yang bercerita kepada hati dan bertemu hati kembali….
        salam rindu
        salam hangat
        salam persahabatan
        untuk kang boed yang tidak bosen2nya memberikan saya pencerahan…
        makasih kang jangan dianggap itu pemberian dari saya tapi atas kehebdak Yang Kuasalah award itu bisa terjadi….
        selamat malam kang

      • KangBoed
        24-07-2009 pukul 02:26

        Subhanalllaaaaah ikuti tarikan hati.. biarlah RASA akan mempertemukan kita bersama.. perhalus dan semakin halus.. bukalah dalam la hwalla walla quwata..
        Salam Sayang Selalu untukmu sahabatku

  50. tigaw
    24-07-2009 pukul 19:05

    la hwalla walla quwata..
    apakah arti sebenarnya dalam diri manusia kata2 inikang …
    setiap saya baca kata2 ini selalu akang ucapkan..
    please kang

    Yayaya.. bagi yang menyadari semua gerak duduk jalan dan diam ini karena DIA..
    Salam Sayang

  51. 16-09-2009 pukul 04:38

    wah, berpuitis jg nich he he

  52. 31-10-2009 pukul 03:43

    Lanjutkan kang! Mabukmu tidaklah haram! Kalo pernah mencicip gula, dan tau rasax manis! Mengapa harus ragu kalo gula di bilang orang rasax asin

  53. roery aza
    31-01-2011 pukul 04:05

    Wuah bagus banget syairnya,komenya juga lucu2
    sy nyimak saja laaah.

  54. 20-09-2014 pukul 05:03

    Thanks for finally talking about >Syair seorang Pemabuk | Mengembalikan Jati Diri
    Manusia | kangBoed <Liked it!

  55. 14-10-2014 pukul 11:52

    Excellent post. I used to be checking constantly this weblog
    and I am impressed! Extremely useful information particularly
    the last part :) I deal with such info much. I used to be looking
    for this certain info for a very lengthy time.
    Thank you and good luck.

  1. 08-06-2009 pukul 00:23
  2. 24-06-2009 pukul 01:07
  3. 02-07-2009 pukul 00:48
  4. 04-07-2009 pukul 00:10
  5. 29-09-2009 pukul 08:11
  6. 14-10-2009 pukul 00:04
  7. 20-10-2009 pukul 14:09
  8. 26-10-2009 pukul 00:04
  9. 30-10-2009 pukul 00:59
  10. 30-10-2009 pukul 14:29
  11. 30-10-2009 pukul 14:39
  12. 02-11-2009 pukul 19:57
  13. 02-12-2009 pukul 16:22

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: