Beranda > intermezo, Persahabatan, Renungan > Memahami Perbedaan

Memahami Perbedaan

Hmm… sungguh indah rasanya… sungguh dalam maknanya tulisan kiriman my Brotherhood… mas MARD… Sufi Gila… kiranya membuat mata kita semakin terbuka… bahwa jangan sampai perjalanan spiritual dan segala pemahaman dan perbedaan yang diyakininya hanya untuk menjadi alat berbenturan dan keributan untuk memperebutkan kebenaran masing masing… yang belum tentu kebenaran itu sendiri… sebagai bahan renungan untuk kita semua dalam saling asah.. saling asuh dan saling asih… sehingga kita mulai dapat hidup dalam perbedaan yang ada dengan damai dan tentram dan damai… toh semua adalah sebuah jalan dan proses untuk kembali kepadaNYA… dan jika ALLAH sudah mengijinkan maka kebenaran sejati akan hadir dengan sendirinya… yayaya… ketika semua ilmu dan pemahaman itu telah bisa kita kembalikan dan kita serahkan kepada Yang Punya Ilmu yaitu Sang Pemilik ILMU dalam sejatinya laa hwalla walla quwata… dalam penyerahan diri sepenuhnya… dalam titik nol… dalam ketelanjangan… hehehe… *ingat ebiet G Ade*…

Semoga dapat mengingatkan kita semua untuk mulai bersama sama melangkah ke depan dalam perbedaan… dan membuat nuansa itu semakin indah dalam perdamaian, persahabatan dan kebersamaan… biarlah kita mulai sama sama mengikis dinding dinding yang tebal… Spiritualisme adalah membuat yang kaku menjadi lentur… lembut… luwes… bukan merubah yang kaku menjadi semakin kaku….. biarlah kita bergandeng tangan dan mulai menghargai esensi dari peribadahan… dan saling hormat menghormati… saling menyayangi… dan menghargai… saling asah.. saling asuh.. saling asih menuju persatuan yang indah dan mesra… Dalam melangkah seiring sejalan dalam menuju kesejatian… mari saudaraku…

Seperti halnya orang Suci dibawah… telah menyerah dalam kepasrahan sejati… kepada Sang Maha… sungguh ruaaar biasaaa… apalah arti sebuah ilmu, teori dan pemahaman…. Jika TASTE… yayaya… TASTEnya belum ditemukan… karena TASTE tersebut yang akan menggetarkan alam semesta raya dan segala isinya meliputi berbagai dimensi kehidupan dalam senandung getaran nada cinta… dalam alunan melodi zikrullah… tawafnya alam semesta… hmm… ruaaaaar biasaaaaaaaa… dahsyaaaaat… zikir para arief billah menggetarkan arrasy…

Mari kita simak dan renungkan tulisan my Brotherhood… mas MARD… SUFI GILA…

Salam  Cinta dan Damai Dalam Kasih Allah Pencipta Semesta Alam…
Setiap sesuatu pasti memiliki makna yang bertingkat-tingkat tergantung pada sejauh mana Allah telah menganugerahkan tetesan ilmunya melalui pengajaran kepada manusia yang menafsirkannya… Alam adalah firman yang tidak tertulis dalam Kitabullah… Ilustrasi ini akan jauh lebih enak bila kita wujudkan dalam cerita…
Di dalam sebuah kitab tertulislah sebuah kata AIR BERSIH….” dan di saat itu semua mahluk bisa bercakap-cakap… maka dalam suatu pertemuan antara seluruh kalangan Sang KERBAU angkat bicara.. dengan begitu yakinnya dia mencoba mentafsirkan kata kata itu…. inilah dialog di antara mereka :

Kerbau : air bersih itu pastilah air kubangan, makin banyak lumpur makin nikmat… bapakku ibuku kakekku dan seluruh moyangku mandi minum di sana

Org Desa : dasar kau hewan bodoh.. air bersih itu yang benar pastilah air sumur… bening jernih nggak kotor… apakah matamu nggak bisa melihat kotornya air kubangan ???…

Kerbau : apa katamu… !  kau pikir aku takut sama kamu hah…. !  coba kau lihat… tidak ada keluargaku yang sakit gara-gara mandi dan minum air kubangan….

Org Desa : walah … nggak tahu lah … susah njelasin sama hewan bodoh kayak kamu

Kerbau : apa katamu ? bodoh ?…. sini kamu .. biar aku hantam dengan tandukku yang hebat ini
maka pertengkaran pun terjadi… dan datanglah Orang Kota mencoba untuk melerai…

Org Kota : hai jangan bertengkar… sama sama bodoh kok bertengkar… hehehe… yang benar air bersih itu ya air produksinya PDAM… dikasih kaporit mati semua bakterinya dan diminum nggak sakit perut… kalau air sumur itu kotor banyak kumannya apalagi air kubangan

Org Desa : walah ini lagi… lha wong seluruh keluargaku minum air sumur nggak ada yangg sakit, lha kok kamu datang datang bikin isu tentang penyakit… kamu jangan mencoba bikin kekacauan

Kerbau     : wah wah wah… belum selesai yang satu datang lagi yang lebih sok hebat… ayo kita bertarung saja agar terbukti siapa yg paling benar

Org Kota : weleh weleh… membahas beginian kok pakai bertarung

Org Desa : ya iyalah daripada nggak selesai selesai….
pertikaian semakin menjadi jadi… akhirnya Seorang DOKTER mulai angkat bicara…

Dokter : sudah sudah… bertarung nggak akan menyelesaikan masalah… kalian ini membahas sesuatu pakai logika ilmiah dong… kayak saya sekolah totalnya 20 tahun… yg benar itu air bersih itu aquadest… air H2O murni yg telah melalui proses yang sangat teliti sehingga bisa disuntikkan

Org Desa : siapa lagi sih ini… sok intelek sok pintar sok hebat… belum pernah merasakan tajamnya pedangku hah ?

Org Kota : iya nih… mentang mentang yang sudah sekolah… sombong sekali lagaknya

Kerbau : nih rasakan tandukku yang hebat
alhasil masalah bukan makin selesai… tapi makin kacau dan akhirnya hilanglah akal sehat mereka… kehancuran sudah di ujung tanduk hehehehe… lalu datanglah seorang suci dan dia berkata :

Org Suci : wahai kerbau apakah menurutmu AIR KUBANGAN itu AIR BERSIH ?

Kerbau : ya iyalah .. masakan ya iya donk….

Org Suci : itu benar … maka hiduplah di sana … dan kau Orang Desa apakah menurutmu AIR SUMUR itu AIR BERSIH ?

Org Desa : ya pastilah itu yang benar

Org Suci : itu juga benar … maka minumlah dari air itu .. dan kau juga Orang Kota aku yakin kaupun pasti akan mengatakan AIR PDAM itu AIR BERSIH…

Org Kota : sudah barang tentu wahai saudaraku

Org Suci : itu juga benar kok … maka hiduplah dengan memakai AIR PDAM .. dan kau Dokter apakah sesuai hasil belajarmu kau katakan bahwa AIR AQUADEST itu AIR BERSIH ?

Dokter : secara ilmiah logika sudah barang tentu itu yg saya pahami

Org Suci : ya ya ya.. itu juga benar…. maka silahkan kau aplikasikan pemahamanmu itu…
dan kemudian Orang Suci itu mengambil segelas air yg telah disediakan dan berdoa kemudian meminumnya…. dan berteriaklah salah seorang di antara mereka….

FULAN : jangan kau minum … air iitu telah diracuni … ahhhh malang benar nasibmu wahai ORANG SUCI

Org Suci : bagiku AIR BERSIH adalah air yang telah diridhoi aleh TUHAN SEMESTA ALAM.. aku telah memohon padaNYA dan DIA ijinkan aku meminumnya… KEYAKINAN melebihi batas yang manusia buat…..

Kerbau + Orang Desa + Orang Kota + Dokter : OoooooooooooooO yayayayaya…

maka kebenaran yang kita yakin itu hanya bisa kita share dengan yang lain bukan untuk berebut benar…. biarlah KERBAU hidup dalam keyakinannya karena dia tidak akan pernah bisa hidup sebagai manusia …. dan biarlah ORANG DESA hidup dalam keyakinannya karena saat ALLAH sudah menghijrahkan mereka menjadi ORANG KOTA maka tanpa dipaksa keyakinan mereka akan berubah dengan sendirinya … dan biarlah semua hidup dengan keyakinannya masing masing karena sebenarnya mereka akan tenteram dalam apa yang mereka yakini … jadi saat ORANG DESA akhirnya sakit barulah dia akan menyadari bahwa perkataan ORANG KOTA adalah KEBENARAN … dan begitu seterusnya … jadi sadarilah bahwa KESADARAN DAN PEMAHAMAN adalah HIDAYAH… butuh proses ratusan tahun bagi ORANG DESA untuk berubah menjadi ORANG KOTA sebagaimana proses berubahnya peradaban manusia apalagi menuju pemahaman para DOKTER apalagi pemahaman ORANG SUCI… jadi marilah MEMAHAMI PERBEDAAN dan sadarilah bahwa hidup adalah METAMORPHOSE dari satu pemahaman menuju pemahaman yang lebih tinggi dan itu semua adalah KEHENDAK TUHAN SEMESTA ALAM………

Salam Sayang

Salam Taklim

Salam Hormat

Tulisan yang berhubungan : Ego Palsu Indahnya Persahabatan , Indahnya Kebersamaan dalam Perbedaan

  1. 26-05-2009 pukul 14:39

    Jatah korlap lagi…..

    Kalau kata seorang ahli filsafat:

    Jangan pernah mengatakan telah menemukan Kebenaran, tapi katakanlah telah engkau temukan satu Kebenaran

    Satu Kebenaran yang telah kita temukan itu mungkin akan tereliminasi oleh Kebenaran yang berikutnya, sesuai dengan perkembangan pemahaman.

    Salam.

    • kangBoed
      26-05-2009 pukul 15:26

      Huuuuuwaaaaaaaaakaaaakaakak.. terima kasih.. komandan.. kooooorlaaap.. sungguh kata kata bijak dari bapak.. semua tingkat kebenaran itu adalah benar untuk sang diri.. sampai semua kebenaran itu sudah dikembalikan kepada NYA.. semua ilmu adalah baik tetapi semua akan menjadi paling baik ketika semua telah dikembalikan kepada sang pemilik ilmu..
      Salam Sayang
      Salam Hormat
      Salam Kangen
      Salam Sejati

      • 28-05-2009 pukul 00:02

        @kangBoed

        Huuuuihhh!
        Blog KangBoed keren abis, euy!
        Semua welcome pada kebenaran.

        Menurutku sementara ini kebenaran itu ada tiga.
        Bukan kebenaran kerbau atawa kampung atau kota,
        Tapi kebenaran pribadi, kelompok dan Illahi.

        Salam Pikir Tiga!
        NB:
        Sorry baru sempet mampir!

      • kangBoed
        28-05-2009 pukul 00:27

        intinya mas pikir tiga.. semuanya benaaaar.. sesuai perjalanan dari sebuah pemahaman.. tiada yang salah.. benar adanya.. sampai kita menemukan kebenaran hakiki.. yayaya.. kebenaran hakiki ini hanya dapat dirasakan oleh hati hati yang telah hidup.. menebarkan cinta dan kasih sayang.. mudah mudahan mas pikir tertiga yang baik berkenan terus berbagi dan berkunjung di gubuk reyot ini…
        Salam Sayang
        Salam Hormat

      • 28-05-2009 pukul 00:42

        Mas pikir tiga?
        Lebih sedap
        Maren Kitatau!

        Yg:
        Kemaren kita tahu,
        Sekarang kita kerja,
        Agar besok kita jadi!

        Salam Sayangh!

  2. guskar
    26-05-2009 pukul 17:51

    memahami perbedaan tak ubahnya dengan memahami ego diri sendiri. perbedaan jangan diseragamkan, bisa2 dunia nggak asyik lagi, karena perbedaan itu sunatullah.
    salam sayang untuk meredam perbedaan
    salam hormat untuk mengerti arti perbedaan
    salam kangen untuk adanya perbedaan
    salam sejati, memang sesungguhnya perbedaan itu indah adanya
    untuk nusantara : bhineka tunggal ika!!!

  3. 26-05-2009 pukul 18:41

    pamuji rahayu…

    punten kangboed…, sami sami…, iya saya lupa kalo .. bumi kangboed ayeuna enggal deui .. tos kenging renov.., janten sae pisan…, beda.. euuuyyyyy…, tambah betah.. bolak balik nongol.. ka bumi baru…, sanes bumi baru ( tempat kremasi lhooo) . atuuuuhhh…, abdi anu lieur.., sugan teh aula kangge kempalan engke… heuheheeee…, ieu oge aula kangge kempal.. duduluran..,punten.. abdi coret coret di bumi enggal.. hehehe.., wiyos nya kangboed.., ulah ngambek atuh lurr..? pan urang teh beda, tapi hiji.., jadi inget nama teman orang purbalingga.. huehehe.. ulah disengseurikeun nya.., naminya teh.. KASWAN MUNDINGHARJO…, Ari Munding teh apan KEBO nya..? jadi namanya.. KASWAN KEBOHARJO.., huahahaha…, malah ketawa sendiri…, punten kangboed.. melenceng dari poin,

    salam sihkatresnan

    rahayu…,

    • kangBoed
      27-05-2009 pukul 03:04

      Sebelumnya jika my Brotherhoods.. Mas MARD.. SUFI GILA… berkenan untuk berbagi dan menuliskan visi dan misi dari tulisan di atas… dengan tanpa mengurangi rasa hormat saya yang bodoh dan tolol ini untuk menyapa saudaraku yang lainnya…

      @ Gus Kar
      Yayaya.. benar adanya saudaraku Gus Kar nyang baik… dalam perbedaan yang tertata dengan dengan rapi… sungguh akan membentuk nuansa yang indah… seindah pelangi di waktu selesai hujan… dan semua merupakan bias cahaya yang SATU… semua sama dihadapanNYA… tiadalah berbeda… yang membedakan ialah ketika ia menyerahkan diri totaaaal… tanpa kecuali… dalam laa hwalla walla quwata…
      Salam Sayang
      Salam Hormat

      @ Hadi wirojati
      Huuuuuwaaaaakaaakaakak… hahaha.. mas Hadi yang baik.. gembira rasanya kala dikau menyapaku.. dan berkenan mengunjungi gubuk reyot ini… gubuk yang miskin ilmu… sungguh satu kebahagiaan yang tak terukur nilainya.. jika saudaraku… mau berkumpul disini saling menyapa.. saling mengisi dan saling berbagi dalam cinta dan kasih sayang.. ruaaar biasaaa.. mudah mudahan saudaraku terus berkenan.. untuk berkunjung disini.. sambil daku terus menanti semoga suatu hari nanti dikau mau berkunjung kerumah saya yang nyata untuk sekedar melepas rindu hati… salam buat mas kebo… hehehe…:mrgreen:
      Salam Sayang
      Salam Kangen
      Salam Rindu

  4. zal
    26-05-2009 pukul 19:06

    ::hhhhhhhhhhh…, anu ..mas..kebonya satu…yang setengah mateng ya…

  5. 26-05-2009 pukul 19:52

    sangat religius hihihi sebuah gambaran yang mudah dicerna oleh siapapun termasuk aku yang naif ini. Ah..didunia ini ada gunung dan lautan aku hanya comberan.

  6. Filar Biru
  7. 26-05-2009 pukul 21:20

    taste? kek iklan di tipi tuh🙂 nice postingannya mas..

    • kangBoed
      27-05-2009 pukul 03:05

      @ mbaaaah ZAL
      Huuuuwaaaakaaakaakak.. mbaaaaah ZAL chayank… kebonya di masak apa yaaaa… mBaaaaah…:mrgreen:
      Salam Sayang
      Salam Kangen
      Salam Rindu

      @ Filar biru
      Hehehe… saudaraku filar biru yang baik… sungguh dalamnya makna mengenai air… dan semua jenis air bermacam macam bau dan rupa… akan berkumpul di sungai… dan selanjutnya akan berlabuh di samudera raya luas… di mana air tersebut bukanlah air A, B, C… tetapi dah berganti nama menjadi air laut dengan sifat asinnya… ruaaar biasaa.. semoga kita bersatu silih asah.. silih asih.. dan silih asuh…
      Salam Sayang
      Salam Kangen

      @ Ceznes
      Kemana saja saudaraku… lama tak berkunjung dan bertegur sapa… *geleng geleng*.. yayaya…. TASTE… bikin hiduuuup… lebih hiduuuup… tambaaah hiduuuup… dan semakin hiduuuup… dipelukan Yang Maha Hidup…
      Salam Sayang
      Salam Kangen

  8. Fitri
    26-05-2009 pukul 21:24

    Duh…aku sudah baca komentar mas lambang di blogku. Aku jadi merasa tidak enak hati. Mau edit postingan tapi masih sibuk ngurus kuliah, mau isi blog juga ga sempat. Mungkin senin atau selasa depan, blog saya yang lama saya edit. Dan blog di wordpress akan saya isi. Mengenai artikel yang tidak berkenan tentu akan saya edit atau saya hapus. Namun komentar yang sudah masuk, sesuai janji logo saya tidak akan hapus.

    Mengenai artikel yang menyerang blogger lain, saya hanya berusaha menjelaskan bahwa apa yang orang kenal tentang islam tidak sepenuhnya benar. Namun isi artikel saya usahakan terhindar dari hal2 berbau SARA, seperti menganggap agama sendiri lebih baik dan agama lain adalah tidak baik. Itu sebabnya saya membuat artikel yahudi dalam sejarah, yang memuat 3 agama samawi. Itu saya kutip dari blog lain, namun sudah saya edit karena penulis aslinya menyebut hal-hal jelek terhadap kristen dan yahudi.
    Sampai sekarang belum ada yang memprotes artikel saya, kecuali sangkebenaran. Padahal isi blog sudah saya hindarkan dari SARA. Jika terdapat hal2 yang kurang berkenan, itulah kelemahan saya.
    Mengenai usia pembaca blog, dari awal pun saya sudah tahu. Bahwa pembaca blog terdiri dari usia anak2, remaja, dewasa, orang tua, dst.
    Itulah sebabnya saya membuat polling PEMILU. Namun yang memilih sangat sedikit, padahal sudah saya sediakan tempat coblos buat yang GOLPUT.
    Sekian.
    *menghilang lagi dulu*

    • 27-05-2009 pukul 00:14

      Dik Fitri sayang,

      Blogging Tips yang saya cantumkan di sana itu diambil dari berbagai sumber dan saya edit sedikit.
      Dunia maya ini ngga beda jauh dengan dunia nyata, kita harus saling menjaga diri agar tidak terjadi bentrok karena beda pemahaman.
      Memang sudah diramalkan bahwa dunia tidak akan pernah bisa damai sampai akhir zaman, tetapi kalau tidak dari sekarang kita mulai mencoba untuk mengamati dan memahami dunia dan segala isinya dengan hati yang damai, mau kapan lagi?
      Sudut pandang yang penuh kedamaian akan menghasilkan ilusi, persepsi dan iamjinasi yang penuh kedamaian juga. Semua enerji positif, enerji illahi, akan terkumpul jauh dalam lubuk hati kita yang paling dalam, dan itu akan memudahkan mencari kebenaran yang sejati, kebenaran yang hakiki. Semua hijab yang menutupi pemahaman akan terbuka karena sudah tidak ada lagi ego, emosi dan kehendak yang bermain dalam diri kita.

      Salam Sayang,
      Salam Hormat,
      Salam Kangen,
      Salam Sejati.

      *Saya sangat prihatin dengan adanya komen yang menggunakan email dan URL saya, tetapi sebenarnya tidak berasal dari saya. Mudah-mudahan beliau yang tidak saya kenal tersebut mendapatkan pencerahan dan bisa memandang persahabatan dari sudut pandang yang lebih baik*

      • kangBoed
        27-05-2009 pukul 03:05

        @ mBak Fitrie dan Mas Lambang
        Daaammmaaaaaaaaai dunk… semoga dikau berdua dikasih hidayah.. *bahasa narsis*… bersatu bergandengan tangan dan berpeluk ciuman… *geleng geleng*… *malu*… enggak boleh mas Lambang… hehehe… semoga menjadi awal persahabatan yang indah diantara kalian berdua… silih asih.. silih asah.. dan silih asuh…
        Salam Sayang
        Salam Kangen
        Salam Rindu

  9. 26-05-2009 pukul 21:46

    ini sejalur dengan tulisan saya soal perspektif, tapi kang boed menuliskannya dengan perspektif berbeda… ya ya ya… haleluya…😎

  10. 26-05-2009 pukul 22:14

    benar juga kangbud
    orang hanya melihat kebenaran dari satu sisi seolah telah melihat dari semua sisi, kita nggak akan mungkin bisa melihat banyak sisi tanpa cermin, nah.. pendapat orang lain itulah cerminnya

  11. 26-05-2009 pukul 22:37

    Memahami perbedaan dengan indah
    Indah🙂

    • kangBoed
      27-05-2009 pukul 03:07

      @ mBah Jenang
      Hehehe… yayaya.. nanti saya baca mbaaaah.. ooo… di atas tulisan my Brother hood… mas MArD…
      Segera meluncur ke TKP.. tunggu mBaaaah…:mrgreen:
      Salam Sayang
      Salam Kangen
      Salam Mesra

      @ Mas Tono
      Benar adanya saudaraku.. kebenaran bukan untuk diperebutkan.. saling jotos jotosan.. menunjuk kiri kanan… semua seolah salah… hanya jalan dan langkah saya saja yang paling benar… konsep perjalanan keselamatan seolah olah hanya satu adanya… bukaaan bukaaaan itu saudaraku… ilmu harus menghantarkan kepada Pemilik Ilmu… semuanya harus dikembalikan dalam kepasrahan dan penyerahan diri total…
      Salam Sayang
      Salam Kangen

      @ Achoey
      Andai semua bisa seperti saudara salemburku kang achoey nu kaseup sareng bageur tea.. bisa memandang indahnya perbedaan… menggenggam keyakinannya.. bukan dipakai untuk tunjuk kiri kanan… berdasarkan egonya… tetapi masuk ke salam diri dan menata diri sendiri… dalam cinta dan kasih sayang ALLAH..
      Salam Sayang
      Salam Kangen

  12. 26-05-2009 pukul 22:39

    lha…iki…para sedulur, ayo wiwit saiki awak-e dewe aja ragu ”berani tampil beda”…..

    …………?!?!…………

    Salam seduluran…..

  13. 26-05-2009 pukul 22:55

    pamuji rahayu…

    kang sikapsamin.. saya blusak blusuk ke rumah sampeyan… weladhalaaah.. postingnya endi eneh.. gur sithok thok.. bolak balik tak tiliki yo ijik ngono ae piye tho luurrr…,ndang gek di wiwiti.., kukuh bakuh bumi nuswantoro…( punten kangboed numpang sakedik nya… hehehe.. )

    salam sihkatresnan ..

    rahayu..

    • kangBoed
      27-05-2009 pukul 03:08

      @ Sikap Samin
      Hehehe… tuuuh mas Samin ada pertanyaan mas Hadi… kapan rumahnya diisi perabooot..dipenuhi postingan yang menarik… sama seperti beliau saya juga dah beberapa balikan ke sana kok gak nambah nambah maas…
      Salam Sayang
      Salam Hormat

      @ Mas Hadi Wirojati
      Beneeeeer maaaaaaaas Hadiiiii… coba dorong mas Saminnya biar isi lagi tulisannya.. dengeeeeeer mas Samin..
      Salam Sayang
      Salam Kangen

  14. 27-05-2009 pukul 01:28

    berliku dan saling tubruk memang, hanya tidak melihat sejatinya saja, betapa semuanya adalah air, dan air adalah sumber kehidupan, biarpun di beri racun, namun apabila tetap berkeyakinan bahwa air itu bersih, apapun yang mengotorinya, tetaplah air adanya, air memang sebuah misteri. Maaf kalo hanya terfokus pada air, namun harapan saya adalah melihat hakekatnya…

  15. 27-05-2009 pukul 01:57

    Alangkah indahnya jika diri kita menjadi perantara hidayah Allah kepada orang lain saudaraku…

  16. 27-05-2009 pukul 02:56

    Tapi baik kerbau maupun orang desa pasti nggak mau nyebur dilumpur/air panasnya LAPINDO khan ?!😀
    Bagadang juragan !!!

  17. kangBoed
    27-05-2009 pukul 03:13

    @ Suryaden
    Yayaya.. mas Suryaden yang baik… semua jenis air bermacam macam bau dan rupa… akan berkumpul di sungai… dan selanjutnya akan berlabuh di samudera raya luas… di mana air tersebut bukanlah air A, B, C… tetapi dah berganti nama menjadi air laut dengan sifat asinnya… ruaaar biasaa..
    Salam Sayang
    Salam Kangen

    @ Hanif
    Hmm.. semoga mas Hanif bisa sering mampir dan berkenan berbagi pencerahan di sini… dalam rangka silih asah.. silih asih.. dan silih asuh..
    Salam Sayang

    @ Haniifa
    *ngelirik keatas*.. namanya nama yang jarang tapi kok mirip.. hehehe.. yayaya.. kaya pejabat yaaa senengnya bikin lumpur… tapi gak suka kotor… kerjanya cuci tangan melulu… hehehe…
    Salam Sayang
    Salam Hormat
    Salam Mesra

    *siyul siyul*.. sumuhun akang anu bageeeeur…:mrgreen:

  18. 27-05-2009 pukul 05:30

    Ya… memang… dalam masalah keyakinan (bukan ilmu sains yang terukur, yang sudah baku, walaupun mungkin bisa saja nantinya juga berubah lewat penelitian baru yang diakui pula) dan spiritual, masing2 punya keyakinan sendiri2. Keyakinan2 tersebut tidak untuk diadu kebenarannya tetapi untuk dijalankan dengan tidak menyinggung mereka2 yang mempunyai keyakinan berbeda……. Bukan begitu kang Boed??

    Btw… kerbaunya canggih amat… bisa berdebat…:mrgreen:

  19. 27-05-2009 pukul 07:06

    kesimpulanya yang dapat hidayah adalah orang kota? (wis ngawur tenan pake ngelmu soewoeng lagi ) wakakakakakakaka

    • kangBoed
      27-05-2009 pukul 12:25

      @ Yari NK
      hehehe.. iya baaaang.. betul bang.. beneeeer bang.. agama adalah masalah hati.. yayaya.. hati nurani.. bukan harus diperdebatkan tetapi digenggam erat dan dilakoni.. begitu yaa baaang..
      Salam Sayang

      *nyengir kerbau*:mrgreen:

      @ Soewoeng
      huuuuwaaaaaakaakakak.. yayaya.. beneeer maas.. apa cih nyang engga buat mas soewoeng ??..
      Salam Sayang

  20. mujahidahwanita
    27-05-2009 pukul 09:39

    Syuhudul wahdah fil katsrah, syuhudul katsrah fil wahdah..
    Pandang yang satu ada pada yang banyak, pandang yang banyak ada pada yang satu).
    Syuhudul wahdah fil wahdah…(Pandang yg satu pada yg satu).
    Berbeda2 tetapi tetap satu, karena perbedaan berasal dari pada yg satu.
    Jangan jadikan perbedaan menjadi tampak berbeda tetapi jadikalah perbedaan itu saling mengisi kekuragan dan kelebihan di antara kita. mari kita bersatu di dalam perbedaan agar perbedaan itu menjadi warna-warni yg Indah yg pada akhirnya lebur kedalam satu warna.

  21. 27-05-2009 pukul 09:43

    menyimak kang …..
    bukankah Syurga untuk diraih bukan diperebutkan apalagi dikuasai (sehingga yang lain tidak punya hak)

    Salam

  22. 27-05-2009 pukul 10:19

    Sebenarnya sayalah lambang yang asli, justru yang di atas itu yang memakai email dan URL saya. Semoga orang yang mengaku sebagai saya bisa mendapat hidayah dari Tuhan agar berhenti menggunakan email dan URL tanpa seijin saya.
    Untuk mbak fitri, saya tunggu postingan terbarunya.

    =====================================================
    hehehe… yaaaa mas LAMBANG *plasu*.. cape deeeh.. khan dah dibikinin rumah di wordpress.. sudah sono di isi dengan artikel artikel yang bagus dan mencerahkan..
    Salam Sayang

    *nyengir kucing*😆:mrgreen:😆

  23. 27-05-2009 pukul 12:32

    angguk-angguk
    geleng-geleng
    walaupun agak sulit dicerna tapi dapetlah…

    btw kerbau yang sedeng sabaraha?
    hehehe

  24. kangBoed
    27-05-2009 pukul 13:03

    @ Mujahidah Wanita
    hehehe.. benaaaar mbaaak yu nee.. bagaimana rasanya kalau hidup di dunia yang seragam.. sama persis.. kiri kanan.. sama.. sehingga inilah manusia.. ciptaan paling sempurna.. dalamnya satu tetapi luarnya berbeda beragam ragam.. sehingga terbentuklah nuansa indah..
    Salam Sayang
    Salam Taklim
    Salam Hormat

    @ Kopral Cepot
    Siaaaaap perintah komandan Cepoooot.. hahaha.. iya kang.. apa yang harus diperebutkan.. karena jika masih di bantah berarti itu adalah pembenaran.. kebenaran hakiki itu tiada terbantahkan.. hanya bisa dirasakan oleh hati nurani yang hiduuuuup..
    Salam Hormat

    @ Kenangamu
    guk angguk angguk angguuuuuuk..
    leng geleng geleng geleeeeeeng..
    wadaaaaaaw lehernya jadi engga mau berhenti..:mrgreen:
    Salam Sayang

    kerbau tangan pendek 5000
    kerbau tangan panjang 7500
    *nyengir kerbau* 10000:mrgreen:

    • 27-05-2009 pukul 14:22

      Hehehe… my brathaaaaar ini udah alih profesi rupanya.
      Setelah kenalan sama Mr Green, profesi utama koq jadi importir kerbau dari Mayapada.
      Ati-ati kena flu kerbau… entar kepinginnya kungkum melulu di lumpur.

      Ngemeng-ngemeng, kalau kerbau yang motif kembang-kembang ada ngga Kang, buat numpang narcis di FaceBook nih. Mumpung FaceBook masih belum diharamkan lagi.

      Salam buat Mr Green.:mrgreen::mrgreen:

  25. 27-05-2009 pukul 13:11

    @Kang Boed
    Tos gugah juragan…😀

  26. 27-05-2009 pukul 14:43

    Mas haniifa,
    jumpa lagi disini.

  27. 27-05-2009 pukul 14:51

    wah kalau saya… kemungkinan besar masih kategori kerbau, hobinya main di kubangan😆

  28. kangBoed
    27-05-2009 pukul 16:09

    @ mas Lambang
    iyaaaa.. mBaaaah tagihan lagi pada sepiii.. setoran japrem lagi pada nurun.. yaaa udaaaah sambilan dagang kerbaaaau.. sambil mandi lumpur aroma therapy.. ooo.. buat si mBaaah adaa banyak mo nyang bule sampe nyang kembang kembang bila perlu sekalian nyengirnya gratiiis.. buat nampang narsis..
    Salam Sayang
    Salam Kangen

    @ haniifa
    euleeeeuh euleeeeeuh si akang haniifa.. mani too the point kitu.. abdi jadi isin atuh akang.. hehehe.. sami sami ngarondanya kaaaang.. nembeu gugahnya..
    Salam Sayang
    Salam Kangen

    @ illuminations
    waaaaaaaah.. ngiringannya ameng dikubanganana.. mugi mugi jadi bararesih awakna.. hehehe.. padahal kebo teh paling hade gawena..
    Salam Sayang
    Salam Hormat

    *nyengir kerbau*:mrgreen:

  29. 27-05-2009 pukul 17:24

    Iyaaaa mana kerbau motif kembang – kembangnya’

  30. 27-05-2009 pukul 17:27

    rAYUAN GOMBAL SEORANG PROLETAR

    Jiwa proletar adalah jiwa yang sadar bahwa ia tidak akan bisa hidup tanpa orang lain.

    Ia tidak mempunyai alat produksi kecuali hanya tenaganya saja. Itu yang dia gunakan untuk menghidupi dirinya.

    Kesadaran jiwa itu mengkristal & mewujud dalam moralitas hidup.

    Moralitas proletar yang tidak akan mengeksploitasi sesamanya.

    Hal inilah yang selalu kutanamkan dalam benak & hatiku, agar menjadi bahan bakar bagi motor penggerak jiwaku.

    Dan, thank’s God, surga telah memberikan banyak bantuan untukku.

    Bersamamu disampingku sangat memudahkan segenap usahaku.

    Dengan segala pesonamu, aku sungguh melihat manusia sebagai suatu pribadi yang unik & khas, serta memiliki banyak dimensi dalam dirinya.

    Jadi Sayangku, mengapa galau & sedih hatimu?

    Ya..ya..wanitaku tercinta,

    Makhluk lemah & mudah tergoda.

    Aku tak mau melihatmu hancur dalam keterasingan & kesendirian.

    Kehancuranmu adalah kehancuranku juga.

    Memang aku tak punya alat produksi yang mungkin bisa untuk mengakumulasi properti.

    Namun aku bisa menemani,

    Memberi cinta,

    Memberi harapan.

    Dan percayailah ini :

    Dalam keadaan apapun juga, baik maupun buruk, akan selalu ada aku untuk mendampingi.

    I do care & love you

    I will always be with you

    In your sufferings

    Even in your solution

    • kangBoed
      27-05-2009 pukul 17:44

      Woooow.. saudaraku sayaaaaang.. sungguh syair yang indaaah dan ruaaar biasa.. sangat mencerahkan.. benar adanya.. itulah kebenaran hakiki.. saat orang berhenti menunjuk kekiri dan ke kanan.. dan mulai menata diri dalam penyerahan diri totaaaal.. menghasilkan akhlakul kharimah.. membuktikan kepada dunia bahwa SPIRIT ISLAM adalah RAHMATAN LIL ALLAMIN.. menjadi anugerah bagi sesama.. dalam karya nyata.. berkarya dan mencipta demi kemaslahatan bersama.. memegang teguh nilai kejujuran terhadap diri sendiri.. sesama dan Tuhannya.. menebarkan cinta dan kasih sayang.. itulah manusia manusia SEJATI.. insan kamil..
      Salam Sayang Saudaraku tersayang
      Salam Kangen
      Salam Rindu untuk mu..

    • 27-05-2009 pukul 18:16

      😀

  31. frozen
    27-05-2009 pukul 20:23

    di sini tuh tempatnya sayang-sayangan yah🙄

  32. 27-05-2009 pukul 21:21

    he…he…he… Terima-kasih..terima-kasih mas Hadi Wirojati dan kangBoed, atas atensi pada sikapsamin…
    Saya mohon sedulur berdua sudi membaca secara detail apa yang sudah saya sajikan tentang ‘TUJUAN’ blog tersebut… Kalau boleh saya katakan sebagai ‘Artikel Induk’… Selanjutnya memang blog ini saya siapkan bagi
    para sedulur tunggal-sikep atau yang memiliki KESAMAAN-SIKAP dari berbagai penjuru Nusantara dalam frame ‘NKRI’ saya persilahkan mengisi blog ini…
    Sekali lagi terimakasih kepada sedulur berdua…

    Sedikit tambahan koment thd ‘Menghargai Perbedaan’, saya ingat dongeng simbah agar saya cepat tidur, yaitu tentang ”Empat Orang Buta Memegang Gajah” dan sekitar th.1993 saya menjumpai buku dg judul sama disalah satu toko buku,karya seorang tokoh bijak yaitu IDRIS SYAH…

    Salam seduluran…..

  33. 27-05-2009 pukul 21:52

    yang penting :AIR ADALAH SUMBER KEHIDUPAN,TANPA DIA SEMUANYA AKAN MATI.
    air bisa menjelma menjadi berbagai dimensi kehidupan,coba amatilah :
    #bisa terbang di udara [uap air] #bisa menerobos kedalam bumi #terjun ditebing curampun tidak apa-apa [air terjun] #ditembak,ditusuk,dibelahpun tetap wujudnya air. Betapa saktinya air itu.”MENGAPA KALIAN MERIBUTKAN SAYA?”

    jadilah seperti air,hargailah perbedaan ,yang penting kita menjadi sumber berkat bagi kebahagiaan orang lain.

    mugi Gusti paring kanugrahan dumateng kangboed sabrayat agung.

  34. kangBoed
    28-05-2009 pukul 00:45

    @ haniifa
    Hehehe… kunaon atuh akang meuni seuri…😆:mrgreen:😆
    Salam Sayang
    Salam Ronda… eee..Rindu

    @ frozen
    Huuuuuwaaaakaaakaakak.. akhirnyaaaa adik kecilku Aris mau berkunjung jugaaaaa.. *geleng geleng*.. hihihi… iya rasa sayange… rasa sayang sayange.. lihat dari jauh rasa sayang sayange…
    Salam Sayange
    Salam Kangene

    @ Sikap Samin
    Hahaha… yayaya… mas Sikap Samin yang baik… saya sangat setuju… karena itu mari kita bergandeng tangan.. bersama sama… minimal kita bangkit bersama yang disini agar hidup dalam kesadaran… hidup dalam ketenangan jiwa.. mulai belajar berbudi pekerti yang luhur… yayaya…
    Benaaaar.. semua yang di pegang adalah gajah… tiada yang salah… yang lebih benar lagi mereka bertanya kepada yang bisa melihat seutuhnya… hidup adalah mengumpulkan cermin cermin yang terpecah… mengumpulkan makna makna kehidupan dalam perjalanan… bagi yang mau merasakan dan berfikir.. tentang makna dan arti kehidupan…
    Salam Sayang
    Salam Kangen
    Salam Hormat

    @ Yang Kung
    Woooooow.. Yang kung yang terkasih.. selalu penuh dengan kata kata bijaksana.. sarat dengan makna dan artinya… penuh hakikat kehidupan.. semoga kita yang muda muda dapa belajar banyak dari Yang kung ini… Semoga kita bisa hidup bagaikan air.. mengalir mengikuti arus kehidupan dan kembali kepada Samudera raya.. menjadi air lautan dan sifat asinnya.. berbeda beda tetapi satu.. Semoga Yang kung sekeluarga diberikan kemudahan dan lindungan dari Gusti ALLAH..
    Salam Sayang
    Salam Kangen
    Salam Rindu

  35. 28-05-2009 pukul 00:52

    Mantapz/…

    Kebenaran itu tetap satu…

    Air dibutuhkan oleh kerb.ordes.orkot,dok, dll
    dalam bentuk apapun bagi makhluk yg berbeda….

    Buat kerbau dalam bentuk berlumpur(kebal 1)
    buat ordes ..ala sumur .(kebal 2)
    Buat orkot ..PDAM mode..(kebal 3)
    Buat Dok…Aquades…(kebal 4)
    dll

    Buat Sufi ..yg diridoi ALLAH….(Super Kebal)

    • kangBoed
      28-05-2009 pukul 01:10

      @ Ayruel Chana
      hehehe… Salam persahabatan mas Ayruel Chana yang baik.. woooooow.. kaya belajar ilmu kebaaaal yaaaa.. hehehe… asyiiik juga.. beneeeer.. super kebaaaal karena sudah dilindungi oleh Yang Maha Super.. sudah tunduk total pada Sang Maha.. ma acih mas sering mampir yaaaa maaaaas..
      Salam Sayang

      @ Maren Kita Tahu
      hehehe… sorrrrrrry brooooo.. hihihi.. jadi malu.. yayaya.. untung mas Maren Kita tahu baik jadi dak marah.. hehehe.. *cengir cengir*.. *muka merah*.. maaf yaaaa maaas.. khan dah tahu kemaren.. hihihi..😆
      Salam Sayang
      Salam Rindu

      @ mas MARD SUFI GILA
      Waaaaaaaaah.. saya tunggu kehadiran dan ulasannya dari penulis yang ku sayangi.. my brotherhood.. SUFI GILA untuk memaparkan lebih lanjut..
      Salam Sayang
      Salam Hormat
      Salam Sejati.. untuk mu..😆

  36. 28-05-2009 pukul 07:01

    Memahami perbedaan? Kapankah kita bisa memahami perbedaan jika tidak di mulai dari sekarang? Kiamat hampir tiba, namun ada saja yang membuat blog khusus untuk mencaci maki pendapat orang lain.
    =====================================================
    hehehe… yaaaa mas LAMBANG *plasu*.. cape deeeh.. khan dah dibikinin rumah di wordpress.. sudah sono di isi dengan artikel artikel yang bagus dan mencerahkan..
    Salam Sayang

    *nyengir kucing*😆:mrgreen:😆

  37. CY
    28-05-2009 pukul 16:12

    Perbedaan wajib ada Kang, seperti listrik ada ion negatif dan positif. Kalo positif semua ya ga ngalir listriknya…

  38. mulyono
    28-05-2009 pukul 16:14

    Sri Ramakrishna berkata :

    Betapa banyak macamnya bentuk dan perangai manusia, ada yang cantik, ada yang hitam, ada yang suci, ada yang kejam, Namun cinta kasih Tuhan berada dalam setiap hati manusia.

    Jangan seperti katak dalam sumur yang tidak pernah tahu sesuatu yang lebih besar dan lebih indah daripada sumurnya. Demikian manusia yang fanatik mereka tidak melihat sesuatu yang lebih bagus dari agamanya sendiri.

    Seseorang beragama yang benar akan selalu berpikir bahwa setiap agama lainnya juga merupakan jalan ke arah kebenaran. Kita senantiasa harus bersikap demikian untuk menghargai agama-agama lainnya.

    Manusia tidak hidup pada perkataan belaka, kata2 tidak menciptakan pengetahuan, melainkan dari pengalamannya sendiri.

    Setiap pohon yang rindang buahnya selalu menunduk ke bawah. Demikian orang yang bijaksana yang penuh pengetahuannya senantiasa rendah hati.

  39. kangBoed
    28-05-2009 pukul 16:22

    @ Ko CY
    hehehe.. akhirnya saudaraku ko CY berkenan berkunjung.. betul adanya kehidupan ini adalah bagaimana caranya bergandengan mesra dalam perbedaan.. dalam kehidupan penuh cinta damai dan kasih sayang.. membentuk satu kesatuan nuansa yang indah.. itulah manusia manusia yang mengerti arti hidup..
    Salam Sayang

    @ Mulyono
    betuuuuuuuul semua begitu adanya saudaraku mas Mulyono yang baik.. Spiritualitas.. adalah membentuk kekakuan menjadi semakin luwes dan lentur.. dan kebenaran hakiki itu bukan untuk saling berebut benar.. bukan untuk menunjuk kekiri dan kanan.. tetapi untuk menata diri sendiri.. membentuk manusia manusia yang berakhlak sempurna dan berbudi pekerti yang luhur.. maka marilah kita bersama tebarkan rasa persahabatan.. minimal disini dalam nuansa cinta damai dan kasih sayang.. walau berbeda tetapi satu adanya..
    Salam Sayang
    Salam Kangen

  40. CY
    28-05-2009 pukul 17:30

    Yaa, begitulah Kang.. nyelip-nyelip diantara waktu senggang yg ada utk ngunjungi rumah-maya temen2.

  41. 28-05-2009 pukul 17:46

    Perbedaan itu tergantung dari cara pandang..
    dibutuhkan hati lapang dan pikiran terbuka untuk MAU melihat dari sisi yang berbeda dan bukan bersikukuh kacamatanya yg benar.
    Walaupun jika ia tahu bahwa ia benar setelah melihat dr angle lain.. tetap saja dibutuhkan hati yang luas untuk tidak memaksakan kehendak.

    Salam, EKA
    (bukan laki !)

  42. kangBoed
    28-05-2009 pukul 21:32

    @ Ko CY
    hehehe… yayaya.. terimakasih ko CY yang baik mudah mudahan kita bisa membina persahabatan dibalik segala perbedaan.. salin asah.. saling asih.. saling asuh.. menemukan kesejatian diri..
    Salam Sayang
    Salam Hormat

    @ Eka Situmorang Sir
    Weleh weleeeeh.. masi ingat aja ci mBaaak.. *malu.. muka merah*.. khan daaah minta ampuuun mbaaak.. hehehe.. itulah manusia manusia hakiki.. manusia dengan kedewasaan mental dan spiritual.. manusia sebenar benarnya manusia.. manusia yang berhati bersih dan berjiwa besaaar..
    Salam Sayang

  43. sufi gila
    28-05-2009 pukul 22:37

    salam sayang cinta kasih dalam kedamaian

    maaf saya lagi di semarang di pondok Abah Luthfi kang Boed … baru sekarang bisa ol pinjam laptopnya hehehehe …

    esensi dan pesan moral dari tulisan di atas adalah bila perbedaan sudah meruncing dan meninggalkan pertikaian maka lebih baik kita mencoba menghindarinya …. karena bila kita menengok perjalanan hidup kita maka sebenarnya kita mengalami transformasi pemahaman dari hewani menjadi manusia dan akhirnya menjadi manusia yg paripurna … itu kalau finish hehehehe …. maka sebenarnya apabila kita dipertemukan dengan diri kita sendiri 5 tahun atau 10 tahun yg lalu niscaya akan terjadi pertikaian yg sengit saat berdiskusi tentang kebenaran …. maka janganlah berpuas diri dengan apa yg kita yakini sebagai kebenaran …. perpaduan pengambilan keputusn melalui akal dan hati adalah penting … dan bahwasanya kesimpulan yg kita dapatkan saat ini adalah resultante dari semua inputan yg kita terima sebelumnya yg hakikinya dientrykan oleh yg MAHA MENGUASAI TAKDIR ….

    ini menceritakan aku lho hehehe … aku dulu menyesatkan mereka mereka yang mengikuti jalan sufi …. tapi sekarang inilah jalan yg saya ikuti hehehehe

  44. sufi gila
    28-05-2009 pukul 22:43

    o ya kang harapan saya bila menampilkan tulisan seseorang jangan dikurangi atau ditambah sedikitpun walau satu kata ataupun huruf …. agar orisinilitas terjaga karena itu menunjukkan identitas sang penulis ….

    maaf sedikit kritikan

  45. kangBoed
    28-05-2009 pukul 23:39

    @ Sufi Gila..
    yayaya.. my brotherhoods Sufi Gila.. benar adanya.. kisah yang anda ceritakan ini memiliki banyak sekali arti dan pemahaman.. maaf jika pemahaman saya mungkin masih cetek baru sampai seperti ulasan di atas.. sekiranya terima kasih sampeyan dah menjelaskannya lebih lanjut.. dan mungkin semua pemahaman saudara kita juga tidak ada yang salaah benar semua adanya.. sekali lagi thaaaaanks brooo..
    Oooo.. yayaya.. saya yang salah mungkin telah memperhalus tulisan tersebut sedikit sedikit tujuannya hanya agar enak di baca.. tanpa sedikitpun bermaksud merubah isi dan pokok tujuan tulisan tersebut.. mungkin saya harus meminta maaf sebesar besarnya.. disini.. jika memang perbuatan saya membuat mas Sufi Gila kurang senang sekali lagi saya mohon beribu ribu maaf.. atas kebodohan saya ini.. dan sekiranya mas Sufi Gila bisa lebih bijaksana untuk memaafkannya..
    Salam Sayang
    Salam Hormat
    Salam Taklim

  46. 29-05-2009 pukul 00:38

    @Ayruel
    Salam pateupang deui!

    Kebenaran!
    Ada yg mematok,
    Kebenaran itu cuman satu.

    Air adalah sumber kehidupan, cenah!
    Oksigan triak: “Tsunami?”.
    Lalu dia lari takut dipersalahkan pd kebakaran.
    Air: “Ah! Itu kebetulan, bukan kebenaran”

    Salam Damai!

  47. 29-05-2009 pukul 10:37

    semoga kita semua selalu mendapat hidayahNYA..
    dan selalu menjadi lebih baik dan lebih baik lagi..🙂

  48. 29-05-2009 pukul 16:19

    hallo bro..
    gimana kabar?
    salam kangen..hehehehe

  49. KangBoed
    29-05-2009 pukul 16:45

    @ Maren Kitatau
    kalau diperdebatkan oleh fikir.. apakah itu hakiki.. apakah fikir dan logika akan mampu menampung kebenaran hakiki.. fikir dan logika.. adalah dualitas untung dan rugi.. dan sebagainya.. apakah kebenaran hakiki itu masih tercakup dalam dualitas tadi.. tentu tidak ya maaas Maren yang baik.. kebenaran hakiki itu hanya satu.. sukar dijelaskan dengan kata kata.. seperti sebuah teori dan filsafat saja.. tetapi bisa dirasakan oleh jiwa jiwa yang mengalaminya.. kebenaran hakiki bukan untuk diperdebatkan.. tetapi mari kita temukan dalam kesejatian rasa.. memancar dari kedalaman hati nurani yang paling dalam.. menyadari semua adalah satu.. berasal dari yang satu.. yayaya.. hati hati yang hidup memancar dalam Jiwa Jiwa yang Tenang.. mudah mudahan mas kita bisa berbagi mencari dan bergandengan tangan dalam menemukan makna kehidupan.. kebenaran hakiki dalam cinta dan kasih sayang abadi..
    Salam sayang
    Salam Kangen
    Salan Rindu.. untukmu..😆

    @ oRido
    yayaya.. terimakasih saudaraku oRido nyang baek.. memang sudah saatnya kita melangkah bersama.. buktikan kedewasaan spritual itu dengan cinta damai dan kasih sayang berbekal akhlakul kharimah..
    Salam Sayang

    @ Adi Isa
    Waaaaaaaaaaah.. kemana saja dikau.. jarang kelihatan.. teteeeeep ngintip doank… hehehehe……..
    Salam sayang
    Salam Kangen
    Salan Rindu.. untukmu..😆

  50. 29-05-2009 pukul 20:05

    Apa nggak ada yang namanya KEBENARAN YANG ABSOLUT?

    • 29-05-2009 pukul 21:20

      @segar
      Kayaknya nggak ada, tuh.
      Kebenaran hakiki cuma satu,
      Yg sulit dijelaskan …?

      @kangBoed
      Takkan ada yg mudah jika kita katakan sulit.
      Tak ada yg sulit jika mulai dari mudah-mudahan.
      Kemon Kang, jelaskan kesulitannya, beri gambaran.

      Aku punya sedikit gambaran kebenaran yg Illahi di:
      http://tertiga.wordpress.com/2009/03/15/kebenaran-ada-pada-tiga/

      Apa yg hakiki tak seperti kebenaran Illahi,
      Apa sebaiknya hakiki beda dari kebenaran,
      Atau kebenaran itu tidak utk dibicarakan?

      Salam Sayang!

  51. kangBoed
    29-05-2009 pukul 22:26

    @ Celetukan Segar & Maren Kitatau
    kebenaran absolut.. kebenaran Hakiki.. kebenaran illahiah.. hanya bisa dirasakan oleh hati hati yang hidup.. jiwa jiwa yang tenang..
    hahaha.. sama persis.. dengan pendapat mas Maren Kitatau.. salute.. two thumbs up..kebenaran hakiki.. kebenaran ILLAHI hanya ada pada jiwa jiwa yang MERDEKA.. telanjang.. hanya sebuah alat.. sebuah Dharma.. itulah hidup.. semakin hiduuup.. bertambah hiduuup… Hidup dalam Hiduuuup..
    Salam Sayang
    Salam Rindu untukmu..😆

  52. 30-05-2009 pukul 09:39

    @Maren Kitatau
    Jadi apakah kebenaran merupakan perdebatan interpretatif?

    @kangBoed
    Jiwa yang merdeka itu seperti apa? Bukankah kebenaran yang kita dapat, juga ada intervensi dari pihak lain.

    Ma’af nanya, habis nggak paham, sih.

  53. 30-05-2009 pukul 09:44

    Hai brother Boed , how are you today ?

  54. KangBoed
    30-05-2009 pukul 10:38

    @ Celetukan segar
    hehehehe.. saudaraku mas Segar sayang.. jiwa merdeka disini berarti jiwa yang sudah lepas dari keterikatan.. lepas dari susah dan senang.. jiwa jiwa yang hidupnya khusyuk.. hening yang meliputi..
    Salam Sayang

    @ Ratana Kumara
    hehehe.. ma kasih brooo..therku chuayaaaaaank I am fine thank you.. and how are you ??.. ciailaaah.. sok sok sok.. banget geto loooh.. padahal inggrisnya dapat 5.. hihihi..:mrgreen:
    Salam Sayang
    Salam Kangen
    Salam Rindu
    Sa

  55. 30-05-2009 pukul 14:38

    perbedaan itu akan selalu ada sampai kapanpun jua.
    Walau ada persamaan di dalamnya, tetapi bukan dilihat dari kezahirannya, melainkan dilihat dari sesuatu di balik yang zahir….

    Ketika sang DIRI melihat kepada bentuk, akan di dapatkan banyak sekali berbagai macam perbedaan2. Karena di dalam perbedaan2 itu terdapat keindahan2. Dan Keindahan itu tidak akan dikatakan Indah jika hanya ada satu saja, karenanya beruntunglah mereka2 yang melihat aneka macam bentuk itu sebagai keindahan2 yang menyegarkan Hati, Rasa dan Kesadaran.

    Ketika Sang DIRI melihat kepada Hakikat yang berada dalam bentuk, maka ia akan melihat SATU didalam SATU, yang apabila diteruskan pandangan itu lebih ke dalam lagi… maka tak akan ada yang ada selain YANG ADA itu saja. Dan YANG ADA itulah yang menikmati keindahan2 yang datang dari DIRI-Nya sendiri. Indah bersama DIRI-Nya sendiri, Bahagia bersama DIRI-Nya sendiri. Lalu dimana kah lagi perbedaan yang membawa perselisihan..??? Lalu dimanakah perbedaan yang selalu mengatas namakan “ya…hanya golonganku lah yang benar..???” Lalu dimanakah…Rasa ingin lebih tinggi dari yang lain selainnya…???

    Tidak…
    Tidak Ada…
    Segalanya SEMU
    Segalanya HAMPA
    Segalanya..hanya ilusi belaka

    salam berkah Allah atas kia semuanya….

  56. lormuria
    30-05-2009 pukul 15:31

    aku bukan superman
    aku pun bisa menangis
    bila kekasih hatiku
    pergi meninggalkan aku

  57. KangBoed
    30-05-2009 pukul 16:10

    @ Pengembara Jiwa
    Yayaya.. benaaaaar semua adanya saudara sejatiku yang kusayangi.. memang sudah saatnya kita membuka mata.. jangan selalu melihat lahiriah saja.. bentuk dan laku sehingga melupakan yang batiniah.. dunia makna.. segala sesuatunya berasal dari yang SATU..
    maka marilah kita bersama sama sudah saatnya bangkit dan bergandengan tangan dengan mesra.. silih asih.. silih asah.. silih asuh.. bersama mewujudkan cinta damai dan kasih sayang di sini.. di bumi ini..
    Salam Sayang
    Salam Kangen
    Salam Taklim
    Salam Rindu untukmu..😆:mrgreen:😆

    @ lor muria
    hehehe.. saudara sejatiku lor muria yang kusayangi.. banyak yang menganggap kok cengeng.. kok lelaki menangis.. sungguh mereka tiada mengerti.. bahwa tangis kepasrahan dan sujud syukur adalah pintu pembuka setiap maqom.. maka siapa yang hatinya semakin lembut.. itulah hati hati yang bangkit dan merasakan.. sebaliknya jika hatinya semakin keras yang ada adalah kesombongan dan hanya merasa rasa dan mengaku ngaku..
    Salam Sayang
    Salam Kangen
    Salam Taklim
    Salam Rindu untukmu..😆:mrgreen:😆

  58. 30-05-2009 pukul 17:10

    @KangBoed
    Ma’af dulu sebelumnya, apa KangBoed sudah mempunyai jiwa yang merdeka?
    @lormuria
    Personel The Lucky Laki, ya? He he he.

    • KangBoed
      30-05-2009 pukul 17:20

      @ Celetukan segar
      hahaha.. sesuai jargonnya saya entu sibotol kosong.. bodoh dan tolol selalu banyak omong kosong.. yayaya.. sampai detik ini jangankan berjalan atau mengembara menemukan jiwa yang merdeka.. yang ada bekalnyapun selalu habis dan kosong melompong.. masih selalu dalam kebodohan dan ketololan.. mudah mudahan.. dengan blog persembahan TTM saya mas Lambang ini saya bisa belajar banyak dari saudara saudaraku disini.. termasuk dari mas Segar.. yang baik ini.. selalu membawa celetukan segar yang khas.. hehehe.. khas sekali..
      Salam Sayang
      Salam Kangen
      Salam Taklim
      Salam Rindu untukmu..😆:mrgreen:😆

  59. 30-05-2009 pukul 17:43

    Saya minta ma’af sebesar-besar, bukan maksud saya untuk melecehkan KangBoed, lho!

    Dalam falsafah China, isi adalah kosong, kosong adalah isi. Ini berarti KangBoed sudah mengalami “pencerahan”, bukan botol/tong kosong yang nyaring bunyinya, tho? Kalaupun memang betul botol/tong kosong yang nyaring bunyinya, ya tetap nggak papa. Paling tidak kan sudah ikut andil dalam “meramaikan” kehidupan ini.

    • KangBoed
      30-05-2009 pukul 17:53

      hehehe… yayaya.. sekedar meramaikan sambil membari warna.. sekedar berbagi keceriaan saja.. hehehe.. biar banyak yang tersenyum dan mudah mudahan dalam kebodohan ini bisa berbagi.. terutama banyak mengharapkan di isi terus.. *dasar tukang ngarep*..
      Salam Sayang
      Salam Kangen
      Salam Taklim
      Salam Rindu untukmu..😆:mrgreen:😆

  60. 31-05-2009 pukul 00:24

    @Kang Boed
    Boss… nggak malam mingguan, gituh ?!

    • KangBoed
      31-05-2009 pukul 14:52

      hahaha.. si akang tiasa wae.. ngarane kuli.. boro boro malam mingguan.. *geleng geleng*.. bade kamana akang Haniifa.. meuni tos parlente kitu.. waaaah.. seungit pisan deui.. jiga abege ??…
      Salam Sayang..
      Salam Rindu untukmu..😆:mrgreen:😆

  61. 31-05-2009 pukul 19:15

    Jika kita cuma melihat perbedaan, maka yang akan terlihat adalah sesuatu yang beda.

    Bila kita hanya melihat persamaan, maka yang akan nampak adalah sesuatu yang sama.

    Namun kalau kita tak melihat perbedaan maupun persamaan, maka yang akan muncul adalah ………….

  62. KangBoed
    31-05-2009 pukul 23:54

    @ Celetukan Segar
    Hehehe… benar adanya saudaraku.. mas celetukan segar yang baik… ketika kita tidak melihat kepada sesuatu maka akan terlihatlah apa yang ada di balik sesuatu… benar dan salah… beda dan sama.. adalah dualitas belaka… ketika kita mengamati yang dibalik itu maka itulah bahasa yang satu… bahasa maknaaaaaa… bahasa esensi…
    Salam Sayang
    Salam Rindu untukmu..😆

  63. Keboireng
    07-06-2009 pukul 11:58

    Nuwun den bagus,
    Untuk keboireng , bletoh lumer itu seger , banyu udan ya enak , dalam lumpur semua sama tiada beda , aku merdeka bebas bermain dengan si kuntul yang centil ,dia si burung centil itu datang bukan karena besar tampangku melainkan karena ingin merdeka bersama ku dalam lumpur singasanaku ,( kesuwen selak kamanungsan )..nuwun nderek langkung….

    • KangBoed
      12-06-2009 pukul 07:53

      hahaha.. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang.. hanya satu kata untukmu sahabaaaaaat.. MERDEKAAAAAA !!!!!
      Salam Sayang
      Salam Taklim

  64. 28-06-2009 pukul 19:23

    jUspSg zctwqwhlzsii, [url=http://jbqcqxlxsrin.com/]jbqcqxlxsrin[/url], [link=http://hlnsjauhnktj.com/]hlnsjauhnktj[/link], http://wvobjnlwqvao.com/

  65. 10-07-2009 pukul 09:26

    sSy14C aedcrznazpxb, [url=http://yyaylojfuxsl.com/]yyaylojfuxsl[/url], [link=http://enqrmrqtrwal.com/]enqrmrqtrwal[/link], http://vejkpltlckrm.com/

  66. tigaw
    25-07-2009 pukul 07:02

    tanks kang boed…
    artikel sangat bagus jadi kita mau kai kerbau, dokter, orang desa dan kota atau orang suci sama aja dimata Tuhan tinggal amal ibadahnya saja yang bisa menjadi ukuan masing2..
    air putih yaitu air kehidupan yang diRidhoin oleh Allah.
    wah keren banget artikelnya

    Hehehehe.. semua kembali kepada nilai keimanan.. nilai penyerahan diri kepadaNYA

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: