Beranda > hati, Renungan > BENTUK dan MAKNA

BENTUK dan MAKNA

Hmm.. masih terngiaaaaaaang dalam telinga ini… suara jerit ratap tangis di penghujung tahun 2004… Aceeeh Menangis… Indonesia tertunduk pilu… Seluruh dunia tercengang… semua mata menataaap kenegeri tercinta ini… bantuan berdatangan… kemanusiaan mengalir… seakan ini menjadi penutup tahun yang paling menyedihkan… TSUNAMI ACEH… hmm tak terasa empat tahun lebih sudah berlalu… apakah terpetik sesuatu hikmah… adakah artinya untuk kita manusia yang katanya TAAT beragama dan TAKUT akan TUHAN… entaaaaaaahlaah…

Tahun demi tahun berlalu… lewat begitu saja… berbagai tragedy menimpa dan menambah panjang daftar isak tangis negeri yang di rundung kemalangan tiada hentinya… sungguh malang nasibmu Indonesiaku… negeri kaya raya tetapi miskin… entah miskin harta atau miskin IMAN… sehingga terbentuklah manusia manusia bermoral luar biasa dahsyaaaaatnya… semua dipermainkan dan diperhamba oleh HARTA, TAHTA dan WANITA… Belum lama di awal april kemarin terjadi tragedy Situ Gintung… dari kelalaian umat yang seharusnya berbudi pekerti luhur…

Padahal jujuuuuur.. kalau diperhitungkan satu persatu dan diingat serta dibuka lagi catatan hitam yang tertoreh oleh tulisan darah nyawa nyawa tiada berdosa… sengaja saya membuka dua hal tadi… hanya karena kebetulan saya melihat keajaiban luaaaaar biasa… walaaaaau dalam setiap bencana selalu ALLAH memperlihatkan petunjuk dan peringatan agar di telaah dan disadari oleh kita manusiaaaa… Yayaya… dalam dua kejadian tersebut diperlihatkan gambar sebuah MESJID berdiri Tegak dan Kokohnya di tengah tengah puing reruntuhan… baik di tsunami Aceh dan di Situ Gintung… adakah yang dapat kita ambil hikmahnya dari awal tragedy besar yang menimpa kitaaaa… adakaaaaah ???…

Bukankah Mesjid itu adalah Rumah ALLAH… sudahkah mesjid itu menjadi rumah Allah… sehingga orang berduyun duyun masuk berdatangan dari segala penjuru dengan membawa kerinduan untuk bertemu dengan yang punya rumah… datang untuk berjumpa Kekasih yang sangat dirindukan… sudahkaaaaah ???… seseorang datang kerumah si A tentu ingin bertemu dengan si A tadi… entah urusannya apa… mungkin sekedar silaturahmi… mungkin ada berbagai keperluan… tetapi seberapa banyak dari kita yang masuk ke rumahNYA karena ada perlu kepadaNYA… datang dengan rendah hati dan tangis kerinduan… seberapa banyakkah ???…

Coba sekali kali kita berdiri di depan mesjid dan bertanya kepada setiap yang masuk kedalam.. dan mungkin saat itu kita di beri karunia oleh DIA sehingga dapat membaca hati hati orang yang masuk kesana… seberapa banyakkah ?… banyak atau hanya segelintir atau tidak ada sama sekali ?… Yang masuk dan datang dengan membawa CINTA dan kerinduan kepadaNYA… yang muncul dari tarikan hati paling dalam… atau mungkin terlalu banyak alasan lainnya… entaaaahlah….

Inikah mungkin salah satu hal yang terjadi di sini… dimana dunia Bentuk dan Makna sudah tidak selaras lagi… dimana yang lahir dan yang batin sudah tidak sinkron lagi… di mana  laku dan esensi sudah tidak sambung menyambung lagi… semua sudah keluar dari aturan main… satu contoh kecil dari keajaiban yang Allah tinggalkan… Mesjid sebagai Rumah Allah… sudahkah mesjid itu dipergunakan sebagaimana mestinya ?… atau masih belumkah ?…

Satu hal mengenai Baitullah atau rumah Allah ini… adalah gambaran dari sang diri ini… dimana dikatakan bukankah hatimu adalah Baitullah… Rumah Allah… sudahkah kita semua menjadikan hati kita sebagai Baitullah ???… menjadi tempat suci Singgasana bagi Sang Maha Raja Agung Perkasa… atau masih teteeeep beluuuuum ???…

Sudahkah kita menjadi Manusia secara Bentuk dan Makna… secara Lahir dan Bathin… secara fisik dan mental spiritual… bukankah tujuan kita sampai di tempat persinggahan ini… dunia panggung sandiwara… adalah untuk menjadi manusia seutuhnya menjadi manusia meliputi lahiriah dan batiniah… sudahkah semua melangkah dan menuju kesana mempertemukan dan mengembalikan Bentuk dan Makna… wallahuallam… hanya kitalah sendiri… masing masing yang dapat menemukan jawabannya…

Ketika Bentuk dan Makna ini tidak bertemu dengan mesra… tidak bersatunya yang lahir dan yang bathin… maka bahaya terbesar melanda manusia… terbentuklah manusia manusia yang secara lahiriah adalah manusia tetapi bathinnya ENTAHLAH… sudahkah menjadi manusia.. atau bahkan lebih rendah dari binatang binatang yang masih tahu aturan… atau bahkan anjing yang masih setia tidak menggigit tuannya yang memberi makan… atau sejahat jahatnya harimau tidak mungkin memakan anaknya sendiri…

INGATLAH dan CAMKAN baik baik hai saudaraku… Apa yang detik ini dan hari ini kau SEMBAH… atau menjadi SESEMBAHAN SEJATImu… akan tercermin dalam bathinmu… dan tergambar dalam tindak dan perilakumu… Manusia yang penuh rasa Cinta dan Kasih Sayang adalah perwujudan dari penyembah ARRAHMAN dan ARRAHIM.. Sebab setiap orang yang menghampiri ALLAH dalam ketiada berdayaan dalam sejatinya Laa Hwalla Walla Quwata.. Maka ALLAH sendiri yang akan menutupi sifatmu dengan SIFATNYA… perbuatanmu dengan PERBUATANNYA… wallahuallam….

Salam Sayang

Salam Kangen

Salam Taklim

Salam Rindu.. untukmu..😆😆😆

Tulisan yang berhubungan : Krisis Multi Dimensi  , Hati yang Hidup  , Sudahkah ALLAH menjadi Raja dalam diri  , Ego Palsu  , ZOMBIE = Mayat Hidup  , Manusia… Keledai… Manusia…

  1. 13-06-2009 pukul 00:35

    Subhanalloh KangBoed… menggugah sekali… jadi kangen mesjid di kampung… tempat saya pertama kali mengenal huruf Alif…

  2. 13-06-2009 pukul 00:49

    jika itu azab apakah kita harus memaknainya sebagai ujian atau tragedi, saya pikir mmm… entahlah..😀

    • KangBoed
      13-06-2009 pukul 01:25

      @ Casrudi
      weleh weleeeeh.. memang mas Rudi dari daerah mana aslinya maaas..
      Salam Sayang

      @ Suryaden
      hehehe.. yayaya.. mari kita terjemahkan masing masing.. apakah ini hukuman atau masih berupa peringatan peringatanNYA..
      Salam Sayang

      • 13-06-2009 pukul 03:08

        Dari Kuningan KangBoed… saya menyesalkan aroma islami-nya tidak begitu kental… ingin rasanya balik ke masa kecil terus hidup dilingkungan pesantren…

      • KangBoed
        13-06-2009 pukul 14:25

        hehehe.. engga penting mas.. karena banyak yang terjebak dalam dunia BENTUK.. tetapi gagal masuk dalam MAKNA atau ESENSI.. marilah kita bersama membentuk diri kita masing masing dengan memperbaiki Esensi Penyembahan terlebih dahulu.. jangan sampai cape tiada guna..
        Salam Sayang

  3. 13-06-2009 pukul 01:59

    ngaheruk ngaraga meneng abdimah kang.. teu tiasa cumarios …estuning eces jeung jentre kasauran KangBoed nu gagah pertentang … abdi mah nyimak dina samak saheulay siga kalahkay .. teu daya teu upaya mung tiasa tangah kanu Kawasa…

    Salam cayaaang🙂

    • KangBoed
      13-06-2009 pukul 02:07

      euleuh euleeeeeuh si akang nuju calik dina samak.. ngiringannya akang cepot anu kasep.. *bawa kopi sama pisang goreng diuk sabelah akang cepot*.. hmm.. adem tenan yaaaaa..
      Salam Sayang
      Salam rindu untukmu..😆

  4. lor Muria
    13-06-2009 pukul 03:25

    Subhanallah….
    Suatu Peringatan yang sangat menyentuh…
    komennya cuma…
    Selalu Eling lan Waspodo…
    (dalam arti yang luas)

    Rahayu

    • KangBoed
      13-06-2009 pukul 14:36

      Benar saudara sejatiku lor muria yang terkasih.. sedemikian parahnya sehingga banyak yang tiada menyadari keberadaan dunia Bentuk dan Makna/Esensi yang sudah tidak bersambung.. sungguh masalah dasar dan sangat berbahaya sedang menimpa kita di sini apalah arti dari segala laku tindak perbuatan jika tidak menyenyuh ESENSINYA.. hanyalah perbuatan kosong melompong tiada nilai dan maknanya..
      Salam Sayang
      Salam Rindu untukmu..😆

  5. guskar
    13-06-2009 pukul 08:18

    tragedi di negeri ini apa masih kurang banyak? mari, segera kita membasuh diri dengan asma-Nya, basuh mulut kita agar terhindar dari berkata fitnah, basuh muka untuk pancarkan cahaya illahi, basuh kepala untuk memurnikan fikiran, basuh telinga untuk menepis ajakan berbuat salah, basuh tangan untuk menentukan keputusan yg benar dan hapus kaki agar langkah2nya sesuai jalan yg diridloiNya.
    salam taklim, di sabtu pagi

  6. lor Muria
    13-06-2009 pukul 08:32

    ………Basuhlah hatimu dengan Dzikrullah agar bersih,murni,dan suci…hingga engkau dipanggil Yaa Ayyuhan nafsul mutma’inah irji’iii ila rabbika radhiiyatan mardhiyyah…

    Basuhlah ruhmu dengan kesucian batinmu dalam keheningan KeDIAManNYA sehingga seluruh jiwa dan lahirmu selalu dalam genggamanNYA, hingga menjadi Insan Kamil yang Rahmatan lil’alamin…..

    Yaa muqollibalquluub tsabbit qolbi ‘alaadinika……

    • KangBoed
      13-06-2009 pukul 14:47

      @ Gus Kar dan Lor Muria
      weleh weleeeeeh.. saudaraku tersayang Gus Kar dan Lor Muria.. sambung menyambung sekali pernyataannya.. Gus Kar membuka dunia BENTUK dan laku tindak tumindak disambung dengan mantaaaaaaabs surantaaaaabs oleh Lor Muria dalam dunia MAKNA dan Esensinya.. sungguh perpaduan yang indah dan menciptakan Harmoni.. ketika semua bentu dan makna bergandengan dengan mesranya.. indah ruaaaaar biasaaaaaa..
      Salam Sayang
      Salam Kangen
      Salam Rindu

  7. sikapsamin
    13-06-2009 pukul 08:53

    he…he…he…sedulurku penulis tooop..kangBoed
    Bentuk dan Makna…?!?!
    Semisal agak saya hemat, Bentuk-Makna atau Makna-Bentuk…kita punya dua bentuk ungkapan…(wah iya ‘bentuk’ lagi) kok mbulet..
    Jadi bingung duluan…sik..sik..komentnya maaf nanti ya kangBoed…
    Terutama Tsunami di Serambi-Mekkah, ada Bentuk yang Sangat-Fenomenal hingga SULIT atau SUNGKAN meMAKNAinya…

    Karepmu/terserah sedulur kangBoed meMAKNAi BENTUK koment saya diatas…

    Salam seduluran penuh MAKNA…….

    • KangBoed
      13-06-2009 pukul 15:05

      hahahaha.. saudara sejatiku mas Sikap Samin tersayang benar adanya.. ada teguran yang sangat besar dalam tragedi ACEH dan Bantul kemaren yang sulit diungkapkan dan berbanding terbalik.. hahaha.. semoga kita semua mau mengerti dan menyadari ini hanya sebagian jeweran saja belumlah hukuman yang sebenar benarnya hukumanNYA.. AJAB NYA sangatlah pedih
      Salam Sayang
      Salam Kangen
      Salam Rindu

  8. 13-06-2009 pukul 10:06

    kang boed lam kenal yach🙂

  9. 13-06-2009 pukul 10:23

    manunggaling lahir dan batin , jiwa dan raga akan mengantar pada ketenangan dan pengabdian kepada yang sejatinya patut diabdi.

    Berhembus JiwaNYa dalam setiap nafasku

    • KangBoed
      13-06-2009 pukul 15:08

      @ Bisnis online
      Salam persahabatan untukmu saudaraku sayang.. semoga kita bisa berbagi membuka diri dan memaknai perjalanan dengan baik.. silih asah.. silih asih dan silih asuh..
      Salam Sayang

      @ Jamal el Ahdi
      hehehe.. benar adanya saudaraku mas Jamal.. bersatunya lahir dan batin.. akan menghasilkan ketenangan jiwa.. dan kesadaran diri sebagai modal kita melangkah disini dan menghampiriNYA..
      Salam Sayang
      Salam Kangen

  10. 13-06-2009 pukul 12:15

    mantap tulisannya bagus kang,Yuli juga jarang sekali ke mesjid biasa shalat di rumah aja. Biasanya ke mesjid pas taraweh dan shalat ied.

  11. 13-06-2009 pukul 13:27

    ok… akan saya ingat gus boed…….

    • KangBoed
      13-06-2009 pukul 15:13

      @ Orange float
      hmm.. kehadiranmu selalu membawa kesegaran bagi diri diri yang sedang kehausan.. sluuuuuuuuurp.. segar.. dingin.. nikmaaaat.. ma kasih mbaaaak.. hehehe.. yang terutama dan utama langkah awal biarlah kita mempersatukan lahir dan batin kita dengan mesranya sehingga jiwa menjadi tenang..
      Salam Sayang

      @ Indonesia Menulis
      hehehe.. iya masih saudaranya Gus Kar yaaaa..
      Salam Sayang

  12. 13-06-2009 pukul 14:09

    artikel yang penuh makna.,benar2 membuka mata hati…makasih kang atas pencerahannya

  13. 13-06-2009 pukul 14:11

    Sebenarnya masalah beriman sih Indonesia nggak jelek2 amat. Cuma, ya itu berimannya milih2. Belum konsisten. Beriman baru hanya taraf ritual saja. <—— Komentar orang kurang beriman. Huehehehe….:mrgreen:

    • KangBoed
      13-06-2009 pukul 15:17

      @ Dinoe
      sahabatku mas Dinoe yang baik biarlah kita saling berbagi dalam perjalanan pencarian ARTI dan MAKNA hidup dan kehidupan ini.. sebagai bekal dalam pengembaraan di sini.. untuk meraih sebaik baiknya tempat untuk kita kembali kepadaNYA..
      Salam Sayang

      @ Yari NK
      hehehe.. sebenarnya sungguhlah sangat jauh perbedaan dari IMAN dan PERCAYA.. tinggal kita kembalikan kepada diri kita apakah kita sudah beriman atau baru percaya saja..
      Salam Sayang
      Salam Kangen

  14. 13-06-2009 pukul 14:28

    Bahasanya makin dalen ajah kang…
    rumahnya alloh…
    menghampirinya….
    Maka ALLAH sendiri yang akan menutupi sifatmu dengan SIFATNYA… perbuatanmu dengan PERBUATANNYA… wallahuallam….

    • KangBoed
      13-06-2009 pukul 15:21

      Waaaaah.. sahabatku sayang mas Buwel.. sungguh tiada kekuatan dan kemampuan sang diri ini untuk merubahnya.. hanya dalam penyerahan diri dan ketidak berdayaan.. konsisten dalam mengingatNYA dan menghampiriNYA di keheningan malam.. RASAKANLAH keajaiban yang TERJADI.. bukan kita yang merubah tapi THE INVISIBLE HANDS akan bekerja ruaaaaaaaar biasa.. tanpa kita sadari.. sedikit demi sedikit namun pasti..
      Salam Sayang
      Salam Rindu untukmu..

      • 13-06-2009 pukul 20:10

        Waduh makin dalem lagi kang….the invisible hands…heeehheh

      • KangBoed
        13-06-2009 pukul 21:23

        hehehe.. sssssttt.. pake bahasa keren dikit napa ooo.. biar jangan kelihatan OON surOOn melulu.. hehehe.. gak mau yaaaaa.. lihat temennya seneng dikit aja..
        Salam Sayang

  15. 13-06-2009 pukul 15:34

    membaca tulisan ini, saya pingin menangis, merasa diri ini masih jauh dr esensi dan makna, terima kasih kangBoed telah mengingatkan, semoga Allah swt memberi kemudahan utk mendapatkan dan merasakan esensi nya,amin.
    KangBoed punten, ada award utk KangBoed dari saya.
    tolong kunjungi blog saya ya utk mengambilnya.
    salam.

    • KangBoed
      13-06-2009 pukul 15:47

      hmm.. benar bunda.. jika segala sesuatu bentuk itu selaras dengan makna dan esensinya.. sungguh indah dan damainya negeri ini..
      weleh weleeeeh.. *malu muka merah*.. dulu dari mas Lambang sekarang dari Bunda.. terima kasih Bunda yang baik.. cuma entu die karena gaptek sampai saat ini belum bisa pasang gambaaaar di postingan.. hehehe..
      Salam Sayang

  16. 13-06-2009 pukul 19:57

    Tsumma rodadnaahu asfala safiliin….. Kayaknya kita sedang menuju ke arah itu kangboed….

  17. 13-06-2009 pukul 20:28

    bingung saya mau komen

    • KangBoed
      13-06-2009 pukul 21:28

      @ Ahmad
      yayaya.. mungkin begitu yaaaa.. saudaraku mas Ahmad yang baik.. mari kita yang tergerak terusa menata diri membangun kembali sang diri dan berbagi cinta dan kasih sayang..
      Salam Sayang

      @ mas Ajie
      Salam persahabatan mas Ajie.. sekiranya berkenan mampir terus di sini.. *muka ngarep*.. saling berbagi dan menjalin kebersamaan.. silih asah.. silih asih dan silih asuh..
      Salam Sayang

  18. 13-06-2009 pukul 21:37

    bener kata mas ajie, bingung mau komen apa..😀

    • KangBoed
      13-06-2009 pukul 22:07

      sahabatku mas AeArc yang baik biarlah kita saling berbagi dalam perjalanan pencarian ARTI dan MAKNA hidup dan kehidupan ini.. sebagai bekal dalam pengembaraan di sini.. untuk meraih sebaik baiknya tempat untuk kita kembali kepadaNYA..
      Salam Sayang

  19. 13-06-2009 pukul 21:42

    Kangboed….. Saya kok pingin banget ketemu ma kangboed yah….

  20. 13-06-2009 pukul 21:51

    Bayangan saya kangboed tu pasti pk jubah, surban, rambut n jenggotnya jg putih, bawa tongkat. Ups…. Bener gak kangboed?

    • KangBoed
      13-06-2009 pukul 22:18

      hehehe.. weleh weleeeeh setua itukah saya ini saudaraku mas Ahmad yang baik.. saya hanyalah sebuah botol kosong.. bodoh dan tolol banyak omong kosong.. hanya sekedar omong kosong belaka tiada arti.. mencoba berbagi walau hanya sedikit.. biarlah suatu hari akan mempertemukan kita semua yang berada di sini untuk mempersatukan visi demi membangun kebersamaan melangkah menata diri meraih ketenangan jiwa.. sebagai modal segala modal.. semoga kita semua semakin mendalami arti dan makna CINTA dan Kasih Sayang
      Salam Sayang
      Salam Rindu untukmu..😆

      http://kangboed.wordpress.com/2009/05/10/indahnya-persahabatan/

  21. 13-06-2009 pukul 22:38

    bentuk dan makna mengingatkan saya akan simbol dan hakikatnya. saya sepakat, kangboed, kalau manusia hanya bentuknya doang, sedangkan makna dan hakikat rohnya bukan manusia, doh, konon, manusia bisa menjadi prestor bagi sesamanya. banyaknya rumah Tuhan yang tak pernah mempan disapu badai, sesungguhnya, dalam pemikiran awam saya, menunjukkan bahwa seharusnya manusia memperpendek jarak dg rumah2 Allah itu dalam situasi apa pun, lebih2 dalam suasana bencana. semoga kita bisa menangkap simbol2 yang ditunjukkan Tuhan kepada kita, amiin. salam kangen.

  22. 13-06-2009 pukul 22:40

    walah, kok prestor, mangsud saya predator. wakaka … maklum, kepala masih puyeng akibat diguncang dalam permainan jet coaster dan tornado di dufan, wakaka …

    • KangBoed
      13-06-2009 pukul 23:44

      yayaya.. benaaar saudaraku mas Sawali yang baik.. sudah terlalu jauh sekali melencengnya keadaan ini.. syareatna manusia hekekatnya entahlaaaaah.. mungkin sudah lebih rendah dari binatang.. ataupun setan sekalipun.. *sadis banget yaaa*.. hiii.. jadi tatuuuut.. hehehe.. jangankan sang diri.. bahkan yang lainnya semua sudah melenceng keluar dari makna dan esensinya.. apalah arti sembahyang jika tidak mengenal esensinya.. apakah arti amal ibadah kita kalau tiada tercapai esensinya..
      Salam Sayang
      Salam Kangen
      Salam Rindu untukmu..😆

  23. 14-06-2009 pukul 00:37

    Salam Kenal. Menyejukkan. Essensinya : saya yang membaca seakan diajak untuk instrospeksi diri. Di mulai dari diri sendiri. Andai para individu sudah menyadari bentuknya apa, mungkin masing2 sudah bisa memaknainya. Semoga ajakan ini membuat saya kuat pak. Trims.

  24. 14-06-2009 pukul 00:48

    moga2 bencana ini segera berakhirrrrr

    • KangBoed
      14-06-2009 pukul 01:13

      @ Yayat & Rusa bawean
      Saudaraku mas Yayat dan mas Rusa yang baik mari kita bangun kebersamaan dan melangkah menata diri kita masing masing.. dalam cinta dan kasih sayang.. silih asah.. silih asih.. silah asuh.. ruaaaaar biasaaa..
      Salam Sayang

  25. 14-06-2009 pukul 06:08

    perenunganyangsangatmendalam…

    *suka*😀

    • KangBoed
      14-06-2009 pukul 09:33

      Saudaraku mas Hafid nyang baek.. mari kita bergandengan tangan dalam cinta dan kasih sayang.. berjalan bersama mencari kesejatian.. silih asah.. silih asih.. silih asuh..
      Salam Sayang

  26. dBo
    14-06-2009 pukul 17:59

    setelah berbagai sifat kita jadikan nama…
    dan kemudian kita…..terlena…
    lahirlah….berbagai BENTUK…..

    akhirnya kita…terengah-engah…
    menggali MAKNA dibawah tumpukan BENTUK….

    kita gali dengan “TRIWIKRAMA- BUDAYA”…

    Mari kita kita tetap bergandeng-tangan dalam mengembalikan kokohnya Mosaik “TRIWIKRAMA-BUDAYA” NUSWANTARA KERTAGAMA RAHARJA INDONESIA…’NKRI’

    Semoga tansah Karahayon kadang sutresnaku kangBoed…beserta seluruh kadang dipesada ‘NKRI’…..

    • kangBoed
      14-06-2009 pukul 18:37

      hehehe.. mbaaaaah dalang Bento memaaaang panceeeen oyeeee.. begitulah yang terjadi setelah terpecah pecah menjadi berbagai sifat dan 99 asma… semakin menyebar dalam berbagai bentuk bentuk yang kadang tidak bisa kita tarik makna dan esensinya… padahal semuanya harus dimulai dan didasari Ubudiyah… terkadang hal ini selalu dilupakan oleh kita semua.. dan mengejar berbagai bentuk tanpa makna… hasilnya nol besar dan sekedar euforia belaka… sangatlah harus disayangkan…
      Memang benar saudaraku semua.. sebelum kita melangkah keluar diri kita minimal kita masuk kedalam diri dan menata diri dalam Jiwa Jiwa yang tenang sebagai fitraaaah diri kita… untuk menjadi manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin… terlebih baik lagi jika kita bisa menjadi adi manusia… INSAN KAMIL… subhanallaaaaah… minimal ya itu tadi mari kita jadikan diri kita masing masing minimal yang berkumpul di sini untuk menjadi manusia seutuhnya dan mulai bergandengan tangan melangkah membangun kebersamaan… memperbaiki keseimbangan alam semesta raya..
      Salam Sayang
      Salam Kangen
      Salam Rindu untukmu..😆

  27. 14-06-2009 pukul 18:50

    Kang sebenarnya saya sering melihat banyak hal yang mengecewakan dan mencolok mata, betapa sombong, arogan, bahkan menghalalkan kekerasan di balik jubah putih, sebel saya.

  28. 15-06-2009 pukul 16:28

    dzat, rupa, asma, sifat, af’al

    • KangBoed
      15-06-2009 pukul 20:35

      @ uryyze
      weleh weleeeeeh.. bagaimana kumahanya.. begitulah jika kita tiada waspada.. Bentuk dan Makna yang tiada ketemu.. Lahir dan bathin tiada mesra.. biarlah kita ambil hikmahnya dan mudah mudahan yang disini mau melangkah menata diri..
      Salam Sayang

      @ Mahendrattunggadewa
      hehehe.. yayaya.. benaaaar saudaraku mas Mahendra nyang baik.. sungguh merupakan perwujudan yang meliputi..
      Salam Sayang

  29. 15-06-2009 pukul 17:03

    jadi berprilaku dengan ahlaqul karimahlah🙂

    • KangBoed
      15-06-2009 pukul 20:38

      hehehe.. lugaaaaaas.. tepaaaaaat.. saudaraku kang Achoey nyang baik.. mari kita bersama terus tebarkan cinta dan kasih sayang.. kesadaran akan kebangkitan HATI NURANI..
      Salam Sayang

  30. 17-06-2009 pukul 14:35

    wah namaku dah masuk di blogroll, makasih ya masBoed

    • KangBoed
      17-06-2009 pukul 17:56

      Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang.. semoga persahabatan kita bisa membawa berkah bagi kita bersama..
      Salam Sayang

  31. 18-06-2009 pukul 03:12

    sungguh dekat dengan urat lehermu!!!
    dimana kamu memandang, disitulah wajah aku…katanya

  32. 18-06-2009 pukul 07:03

    No comment Kang….
    Saya harus banyak introspeksi nih… terimakasih terharu😦😐🙂😀

    • KangBoed
      18-06-2009 pukul 10:55

      @ Zulhaq
      hehehe.. semua benar adanya.. mari kita rasakan keberadaanNYA.. dalam setiap tarikan nafas kita.. ooo.. sungguhlah sangat dekaaaat.. meliputi sang diri ini.. subhanalaaaah..
      Salam Sayang

      @ dedekusn
      saudaraku mas Dede nu kasep tea.. mari terus kita jalin kebersamaan.. bangkitkan Hati Nurani.. sebagai pancaran dari ruh kita yang kekal dan abadi..
      Salam Sayang

  33. 29-06-2009 pukul 21:10

    Trims KangBoed. Saya terharu karena jarang ke Mesjid. Insya Allah mulai besok akan rajin ke mesjid.

    • KangBoed
      29-06-2009 pukul 21:56

      Subhanalllaaaah.. mari kita menghadap dengan membawa hati kita.. duduk tersimpuh dalam kelemahan diri.. berkata bagaikan sahabat dekat.. ungkapkan tangis sujud syukur.. lantunkan jerit kerinduan hati… rasakanlah.. ALLAH dekaaat.. setiap gerak jalan duduk dan diam diliputiNYA..
      Salam Sayang

  34. 03-07-2009 pukul 04:57

    Sampean ki wong urung nduwe tulisan anyar kok dolan wae kang?🙄
    ========DASAR RAJA KOMENG=========== DILAWAN
    Meskipun nggak ngapdet nggak apa-apa asal rajin dolan😀

    • KangBoed
      03-07-2009 pukul 08:28

      YAYAYA.. HANYA UNTUK MENYAPA MAS WANDI THOK
      SALAM SAYANG

  35. 23-03-2014 pukul 23:25

    What’s up everyone, it’s my first go to see at this web site,
    and piece of writing is actually fruitful in support of me, keep up posting these types of articles.

  36. 24-04-2014 pukul 12:52

    I’m curious to find out what blog platform you happen to be utilizing?
    I’m having some small security issues with my latest site and I would
    like to find something more safeguarded. Do you
    have any suggestions?

  37. 30-05-2014 pukul 14:08

    This page truly has all the information and facts I needed about
    this subject and didn’t know who to ask.

  1. 14-06-2009 pukul 08:33
  2. 15-07-2009 pukul 00:53
  3. 17-07-2009 pukul 00:36
  4. 20-07-2009 pukul 02:04
  5. 01-08-2009 pukul 09:56
  6. 04-08-2009 pukul 17:50
  7. 07-08-2009 pukul 07:37
  8. 12-08-2009 pukul 01:05
  9. 15-08-2009 pukul 00:23
  10. 01-09-2009 pukul 00:30
  11. 02-09-2009 pukul 00:10
  12. 03-09-2009 pukul 00:34
  13. 04-09-2009 pukul 00:17
  14. 05-09-2009 pukul 00:50
  15. 06-09-2009 pukul 04:29
  16. 09-09-2009 pukul 01:38
  17. 10-09-2009 pukul 00:28
  18. 13-09-2009 pukul 01:18
  19. 16-09-2009 pukul 00:08
  20. 17-09-2009 pukul 00:29
  21. 18-09-2009 pukul 00:08
  22. 19-09-2009 pukul 19:50
  23. 07-10-2009 pukul 00:48
  24. 08-10-2009 pukul 06:05
  25. 10-10-2009 pukul 00:13
  26. 11-10-2009 pukul 22:00
  27. 16-10-2009 pukul 03:09
  28. 19-10-2009 pukul 00:14
  29. 21-10-2009 pukul 22:36
  30. 23-10-2009 pukul 08:40
  31. 25-10-2009 pukul 01:55
  32. 08-11-2009 pukul 10:52
  33. 13-11-2009 pukul 18:06
  34. 14-11-2009 pukul 14:03
  35. 15-11-2009 pukul 22:10
  36. 16-11-2009 pukul 17:49
  37. 18-11-2009 pukul 18:11
  38. 19-11-2009 pukul 01:34
  39. 21-11-2009 pukul 01:41
  40. 26-11-2009 pukul 14:41

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: