Beranda > hati, Renungan > PASRAH – SUMELEH

PASRAH – SUMELEH

Manusia sungguh sungguh makhluk ciptaan Allah yang paling luar biasa.. Manusia ini hidup terikat dengan dua alam.. alam lahir dan alam batin ini penting sekali untuk kita sadari sehingga jangan sampai terjadi ketidak seimbangan antara yang lahir dan yang batin.. Seperti terjadi saat sekarang ini.. tolong yang lahir bagiannya panca indria tangkap dan olah dengan akal pikiran… putar otak keras untuk mencipta dan berkarya demi kemaslahatan sesama… dan untuk yang batin bagiannya hati nurani pancaran rahsa sejati bagiannya zikrullah rasa ingat dalam 24 jam mengalir sealiran nafasnya sejalan detak jantung rohaninya yang telah bangkit.

Apa yang terjadi di alam lahir

jangan sekali kali mengganggu

apalagi menggetarkan alam batin.

Apapun persoalan dan masalah cernalah dalam fikir

Jangan sampai menguncangkan hati

bahkan hatilah yang seharusnya menenangkan fikiran

Sumeleh.. Pasrah bongkokan.. tiada daya tiada upaya.. laa hawlla walla quwwata.. adalah bahasa Rahsa.. yaitu HATI NURANI.. maafkan saya sibotol kosong nyaring bunyinya alias sok tahu…. mungkin juga inilah satu satunya pintu masuk Unity, yang lemah terserap pada Yang Maha Kuat.. satu satunya pintu untuk menghampiri DIA… Ingatlah baik baik selagi kita merasa bisa.. merasa tahu.. merasa mampu… maka palsulah semuanya itu.. temukanlah sebenar benarnya pasrah dalam kelemahan..

Kenapa bisa sumeleh?.. Kenapa bisa pasrah?.. karena sudah mengenal diri sebenar benar diri.. bahwa tiadalah mampu sang diri ini bahkan untuk mengangkat tangan.. apalagi untuk bergerak.. berkerja dan berkarya tanpa se IJIN ALLAH.. semua murni karena Qudrat dan IradatNYA..

” Tiada bergerak sebutir jarah pun tanpa se IZIN ALLAH

bahkan tiada kepemilikan sedikitpun atas yang ada didalam diri ini baik harta, tahta wanita dan kemampuan serta segalanya ternyata bukan milikku, dan menyerahkan pada pemilikNYA.. sehingga biarlah seperti air sungai yang mengalir seiring sejalan dan berwarna warna asal mulanya mengalir terus demi kembali kepangkuan dan bersatu dengan Samudera Raya, mana air comberan, mana air limbah pabrik, mana air cubluk semua hilang terserap yang ada air asin dengan sifat asinnya yaitu tinggallah Air Laut, setetes air dalam samudera raya yang luas tak terkira, ya sumeleh, ya pasrah tak berdaya upaya mengikuti keinginan samudera raya

Satu kebohongan besar kalau suatu saat ketika kita berjalan tiba tiba dalam perjalanan dapat persoalan besar, masalah berat, sehingga hampir jatuh atau kebingungan dan untuk menghibur dirinya dia berkata saya pasrahkan semuanya pada Gusti Allah,  Pasrah, Sumeleh,Tak berdaya upaya kok dipaksa oleh keadaan, di buat oleh kondisi terdesak enggak salah tuh.. hehehe.. Sumeleh dan Pasrah adalah dasar kita melangkah dalam semua perjalanan kehidupan kita lahir dan batin menyerahkan semua hasil kepadaNYA, alias bekerja tanpa memikirkan hasil yang di dapat, alias LILLAHITAALLA.

Dalam saat yang sama detik yang sama akal pikiran berpikir keras setiap anggota badannya bekerja keras tapi hatinya hening heneng madep, mantep, madeg kepada Gusti Allah, ketika diam sejenak mulut tak berbicara , qolbu diam , tapi lirih sejalan detak jantung fisik, detak jantung rohani terasa detaknya otomatis karena sudah ada yang menggerakkan Allah, Allah, Allah, Allah maka dalam diam walau ditengah kesibukan kita semua terbawa getaran rahsa sejati di tengah keramaian engkau terpaku oleh aliran aliran yang menyegarkan jiwa, menenangkan hati, mendinginkan akal dan serasa seluruh sendi kita dilolosi, hehehe.. Mas punten botol kosong lagi kuuumat mas saya suruh pulang aja ya kalo diterusin khan berabe entar kata orang di sebut gila ya he he

RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

Ego Palsu , Sudahkah ALLAH menjadi Raja dalam diri , Kesadaran Diri Manusia , Iman dan Nilai Manusia Menatap Tanpa Daya ,  Hilangnya Jati Diri Manusia Krisis Multi Dimensi ,   FITRAH DIRI , Iman dan Percaya , Iman dan Cinta , Manusia… Keledai… Manusia… , SUARA HATI ,  BENTUK dan MAKNA

  1. 10-10-2009 pukul 00:18

    sumeleh iku artie opo kang?

    • 10-10-2009 pukul 00:31

      (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!

      • 10-10-2009 pukul 00:32

        (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!

      • 10-10-2009 pukul 00:34

        (maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!

      • 10-10-2009 pukul 00:35

        (maaf) izin mengamankan KELIMAAAAAAXXZ dulu. Boleh kan?!

      • 11-10-2009 pukul 13:35

        kelimaaaaaaaaaaaaaaxxzz

    • 11-10-2009 pukul 09:45

      ………..
      kita sadari..
      betapa kecilnya kita..
      betapa lemahnya kita..
      betapa tak berdayanya kita..

      tapi ada satu kekuatan yg kita miliki..
      adalah penyerahan diri kita padaNYA.
      Sumeleh..Pasrah..

      saat ini.
      bukan nanti.

      Salam bening.

      • 11-10-2009 pukul 13:36

        dahsyaaaaaaaaaatttt

  2. 10-10-2009 pukul 00:29

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!

    • Dangstars
      11-10-2009 pukul 08:22

      Lan…juuuuuttttttt

      • 11-10-2009 pukul 13:37

        teruuuuuuuussssssskan

  3. 10-10-2009 pukul 00:35

    Ketigaaaaxxxxxxxxxzzzzzz……..akhirnya nangkring juga diatas, hehehehe…….met malem kangBoed…

    • 10-10-2009 pukul 00:43

      Pasrah-sumeleh memang bukan acara dadakan, ilmu instan atau apapun namanya. Perlu perjuangn untuk memulai, belajar dan menerapkannya. Beraaattttt tantangannya tapi nikmaaaat hasilnya. Hayahhh…..sok tahu….kayak pernah ngalami nikmatnya aja, hehehehe……lagi seneng Kang nangkring diatap rumah kangBoed. Sip…..

      • Dangstars
        11-10-2009 pukul 08:23

        Maaa,,,,nnnnnnttttaaaapppssss

      • 11-10-2009 pukul 13:38

        lanjutkaaaaaaaaaaaaaan..

  4. 10-10-2009 pukul 00:43

    mamapir….

    • 10-10-2009 pukul 00:44

      baca dulu ya kang…

      • 11-10-2009 pukul 13:39

        silahkaaaaaaaaaaan

  5. 10-10-2009 pukul 00:46

    neng ning nung nang

    • Dangstars
      10-10-2009 pukul 10:54

      Sumeleh….weleh…weleh…

      • 11-10-2009 pukul 13:41

        hehehehe kang TONO pancen oyeeeeeeeeeeeeee.. tapi bukan hanya dalam samadhi tapi hidup yang meliputi

  6. 10-10-2009 pukul 00:47

    terima ksih kangboed atas siraman ruhani ini…

    • 11-10-2009 pukul 13:43

      sama sama mas Dasierrrrr..

  7. Hea
    10-10-2009 pukul 01:41

    Halo kang…berkunjung….

    Rame kali di sini….Bolehkah aku ikut tuker link di sini…???? Terima kasih sebelumnya….

    • Dangstars
      10-10-2009 pukul 10:52

      Ya ya macam di Ancol..
      Boleh tukaran link asal jangan tukaran receh aja…

      • 11-10-2009 pukul 13:45

        hehehehe.. kalau keliwat harap daftar lagi yaaaaak.. di Tukar LINK..

  8. 10-10-2009 pukul 06:29

    pencerahan yang begitu menyentuh di pagi hati dari kang boed, nrimo ing pangdum, opo jare gusti Allah

    • Dangstars
      11-10-2009 pukul 08:25

      Menyentuh apa….?

      • 11-10-2009 pukul 13:46

        benar.. kerja sekuat tenaga dengan tanpa memikirkan hasil..

  9. 10-10-2009 pukul 07:08

    Pasrahnya sudah diketahui umum … Sumeleh apa ya padannya? … super pasrah?

    • 11-10-2009 pukul 13:47

      sumeleh.. super sabar.. super rendah hati..

  10. 10-10-2009 pukul 08:48

    memang manusia hanya bisa pasrah dengan takdir yang ada tapi juga harus mau berusaha untuk mengubah keadaan

    • 11-10-2009 pukul 13:49

      hmm.. bahasa ini.. yang kadang masih campur aduk.. Kerja Keras.. bagian lahiriah.. pasrah bagian bathiniah..

  11. 10-10-2009 pukul 10:24

    LILLAHITAALLA
    Tapi..prakteknya sulit kang….

    • 10-10-2009 pukul 10:26

      Padahal..setiap niat mo ngerjain apapun, pasti diakhiri LILLAHITAALLA.

      • 10-10-2009 pukul 10:27

        Tapi…”hati” belum ato kurang bisa LILLAHITAALLA.
        Ini sih pengalaman Bendol bang…🙂

      • 10-10-2009 pukul 10:28

        Setidaknya…Bendol bisa belajar dari uraian kangboed disini
        Makasih kang🙂
        Salam

      • 11-10-2009 pukul 13:51

        Lillahi ta’alla adalah bahasa HATI.. bahasa Bathin.. bahasa RASA.. pasrah semua karena ALLAH..

  12. 10-10-2009 pukul 14:45

    jadi ingat laguna ermi kulit kang, “biarlah semua ku pasrahkan padanya Illahi”

    • 11-10-2009 pukul 13:53

      hehehe.. Pasrah adalah Sikap Hati.. bukan terpaksa oleh keadaan.. melainkan modal awal untuk melangkah di sini
      salam sayang

  13. luminous25
    10-10-2009 pukul 15:00

    hadiiiiiiiiiiiiirrrrr…. telat tapi tetap hadir kangboed…..😆

  14. 10-10-2009 pukul 15:58

    Kapan yah bisa jadi yang pertama disini??

    • 11-10-2009 pukul 13:54

      hehehehe.. ma kasih pak Iwan

  15. 10-10-2009 pukul 16:03

    Sumeleh itu artinya apa sih kang??

    • 11-10-2009 pukul 13:55

      sumeleh itu pasrah bongkokan.. super pasrah.. super rendah hati..
      salam sayang

  16. 10-10-2009 pukul 16:04

    makasih Kang udah memberikan pencerahan sore ini…

    Salam sayang dan sukses selalu.

    • 11-10-2009 pukul 13:56

      amieeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnn

  17. 10-10-2009 pukul 16:51

    Kang saya mah terus terang belum mengenal diri sebenar-benar diri. Terima kasih Kang, sudah begitu sering saya diingatkan siapa diri kita ini. Kata orang-orang sufi kan , siapa yang mengenal dirinya maka ia akan mengenal Tuhannya. Semoga dengan pencerahannya saya semakin dekat dengan-Nya. Amin.

    Oh ya Kang tugas itu belum saya laksanakan. Mohon maaf, insya Allah akan saya kerjakan kalau sudah nyalse.
    Nuhun pisan.

    Salam

    • 11-10-2009 pukul 13:58

      Diri sebenar diri tterpancar dari Hari nurani.. sekian lama kita tiada mengajaknya berbicara.. sekian lama tidak diajak memutuskan sesuatu.. kasihan sekali..
      salam sayang

  18. luminous25
    10-10-2009 pukul 21:23
  19. 10-10-2009 pukul 22:08

    Subhanallah…
    Ayo kita berzikir untuk hidup dan kehidupan yang lebih baik.

    Salam kang..

    • 11-10-2009 pukul 14:08

      amieeeeeeeeeeeeeeennnnnnn

  20. 11-10-2009 pukul 00:15

    salam sumeleh.. boss!

  21. 11-10-2009 pukul 00:16

    Eh, salam sumeleh KangBoed…
    btw, sumeleh itu apa sih?

    • 11-10-2009 pukul 14:10

      pasrah bongkokkan.. super rendah hati super pasrah..

  22. 11-10-2009 pukul 00:20

    Selamat pagi Kang, Hadir secara rutin, Keduax…. di hari minggu ini

  23. 11-10-2009 pukul 02:57

    hati kalo ndak disumelehke, memang sering kemana-mana ndak tenang

    salam sayang

    • 11-10-2009 pukul 14:12

      yayaya.. inilah kunci untuk meraih ketenangan jiwa..

  24. luminous25
    11-10-2009 pukul 04:42

    Kunjungan subuh… sekalian ronda😆

    Gambar Apakah ini?
    salam

  25. 11-10-2009 pukul 06:24

    Selamat pagi Kang… Mampir baca2 nih🙂

  26. 11-10-2009 pukul 06:25

    Artikel yang sangat menarik Kang🙂

    • 11-10-2009 pukul 14:14

      syukuuuuurrr alhamdulillaaaaah,

  27. 11-10-2009 pukul 06:33

    Ya, kita hanya bisa berusaha, namun hasil akhirnya Tuhan-lah yang memutuskan…

    Dan ketika keputusanNya sudah ditetapkan, kita sebagai manusia hanya bisa berpasrah menerimanya apapun itu… Namun percayalah, bahwa apapun keputusan Tuhan terhadap apa yang kita lakukan, itulah adalah yang terbaik buat kita.
    Tugas kita hanyalah mencoba mengerti apa yang sebenarnya ada dibalik keputusan Tuhan itu…

    Terima kasih Kang atas pencerahannya🙂

    • 11-10-2009 pukul 14:16

      La hawla walla quwata.. pasrah bongkokan.. selama masih berdaya selama masih berupaya.. artinya belum menemukannya
      salam sayang

  28. 11-10-2009 pukul 06:35

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll😀

    • 11-10-2009 pukul 14:17

      Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
      I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll😆

  29. 11-10-2009 pukul 06:36

    Sukses Selalu buat Kang Boed😀

  30. 11-10-2009 pukul 06:41

    Kang tanya nich bedanya sumeleh / pasrah ama bersyukur apa yach ? ato sama aja.
    Jawab yo kang ?? masih awam nich

    • 11-10-2009 pukul 14:20

      hehehehe.. sambung menyambung menjadi satu.. pasrah dan bersyukur.. hanya yang mau menerima seluruh qodo dan qodarnya yang mau bersyukur..
      salam sayang

  31. 11-10-2009 pukul 08:57

    allohu akbar…

    • 11-10-2009 pukul 14:21

      akan adanya yang AKBAR jika ada yang lemah tiada berdayya..
      salam sayang

  32. 11-10-2009 pukul 09:35

    mampir kangboed,, tak terusin awardnya y

    • 11-10-2009 pukul 14:22

      silahkaaaaaaaaaaan maaaaassss.. lanjutkan

  33. 11-10-2009 pukul 09:35

    sekalian mau tukeran link,,
    I love you Fullllllll

    • 11-10-2009 pukul 14:57

      yayayaya.. mudah mudahan enda lupa yaaak.. kalau lupa tulis lagi di tukar link

  34. 11-10-2009 pukul 09:37

    Thanx U kangboed sayaaaaaaang

  35. 11-10-2009 pukul 12:35

    Kepasrahan memang harus sering dilatih dan dilakukan dengan segala keyakinan dgn bantuan Yang Maha Kuasa.
    tidak akan datang begitu saja , tanpa perjuangan dan instant.
    Salam.

    • 11-10-2009 pukul 15:00

      amieeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen

    • 21-08-2010 pukul 14:58

      betul sekali, saya sependapat….

  36. Vyan RH
    11-10-2009 pukul 12:37

    Pasrah sumerah… teu daya teu upaya..

  37. 11-10-2009 pukul 13:55

    Pada dasarnya manusia hidup dari satu cobaan ke cobaan yg lain maka dari itu kita harus tetap sumerah pasrah kepadaNya karna hanya dzatNya yang maha kuasa yg sanggup melakukan segalanya.

    • 11-10-2009 pukul 15:02

      amieeeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnn

  38. 11-10-2009 pukul 13:56

    Pada dasarnya manusia hidup dari satu cobaan ke cobaan yg lain maka dari itu kita harus tetap sumerah pasrah kepadaNya karna hanya dzatNya yang maha kuasa yg sanggup melakukan segalanya,manusia hanya di wajibkan berusaha dan berdoa.

    • 11-10-2009 pukul 15:02

      amieeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnnn

  39. 11-10-2009 pukul 14:29

    dengan senang hati menyedot terus ilmunya….

  40. 11-10-2009 pukul 15:35

    dilanjut Kang…
    terus mengikuti sambil nongkrong dipojokan…

    • 11-10-2009 pukul 19:41

      hihihihhi.. hati hati gemeteran..

  41. 11-10-2009 pukul 16:27

    wow.. kata2 yg sangat inspiratif bagi saya.. hehe

  42. 11-10-2009 pukul 16:27

    iyah.. kta2 diatas.. adalah kata2 yg sangat memotivasi ..

    • 11-10-2009 pukul 20:04

      amieeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnnn

  43. 11-10-2009 pukul 16:32

    hadirrrrrrrrrr,
    minggu sore absen , pasrah bila menerima rejeki…..

    • 11-10-2009 pukul 20:11

      hehehehe.. silahkan.. masuk ke dalam yaaak..

  44. 11-10-2009 pukul 16:34

    Awardnya udah saya pajang Kang.

    • 11-10-2009 pukul 20:13

      ma kasih nyaaaaaaaak hahahaha.. asyiiiik

  45. 11-10-2009 pukul 16:36

    Ada Award balasan buat kangboed..

    • 11-10-2009 pukul 20:25

      ma kasih bang.. kasih awrd pulang dapat hadiah hahahaha nasib baik

  46. 11-10-2009 pukul 16:37

    Salam sukses dan sayang selalu.

    • 11-10-2009 pukul 20:26

      sama sama baaaang.. sukses yaaaaaaak

  47. 11-10-2009 pukul 20:29

    Kalau saya bisa bikin award, saya pengen persembahkan buat tulisan ini…Hati saya bergetar memaknai tulisan di atas…Terima kasih Kang…salam hangat, semoga ucap, tekad dan lampah selalu seiring sejalan…

  48. 11-10-2009 pukul 20:31

    Eling… itulah pesan orang tua dulu

  49. 12-10-2009 pukul 21:17

    Wah.. akang satu ini nggak pernah berhenti ngingetin ya. Salut euy..
    Makasih Kang.
    Ngeblog ternyata jg bs buat nabung amal sholeh ya Kang.😀

  50. 14-10-2009 pukul 10:32

    sumeleh apa ya kan9 artina🙄

  51. joomlatutor
    16-10-2009 pukul 10:28

    ga tahu deh mo ngomong apalagi
    hehehehe

  52. Tabahsatoe
    16-10-2009 pukul 11:06

    Maaanstaaabs kang..ijin baca yak..

  53. 17-10-2009 pukul 16:57

    ini komment kok panjang banget, sape scroll mousenya nggak mentok2….

    • 21-08-2010 pukul 14:57

      iya nih, kang boed emang bisaan kalo tulis artikelnya, sangat menarik dan bermanfaat.

  54. 20-10-2009 pukul 01:43

    Kok jadi inget Etalase Hikmah-nya Mbah Wawan: http://serambitashawwuf.blogsome.com/2009/02/12/etalase-hikmah/

  1. 10-10-2009 pukul 08:50
  2. 12-10-2009 pukul 03:39

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: